Kamis, 13 Agustus 2020
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 06 September 2018 | 17:00 WIB

Hitekno.com - Spesies hiu baru ditemukan dan bentuknya membuat orang tidak takut. Squalus Clarkae atau dikenal sebagai Dogfish Genie memang tak seperti spesies hiu lainnya yang memilki muka lancip dan seram.

Hiu ini cenderung terlihat ''kalem'' dan terlihat menggemaskan. Nama Squalus Clarkae diberikan untuk menghormati Eugenie Clark seorang pioner penelitian ilmiah yang sangat berpengaruh dan dihormati oleh ahli biologi laut.

Spesies hiu baru. (Mar. Alliance)

Eugenie Clark meninggal pada tahun 2015 pada usia 92 tahun. Dikenal sebagai ''wanita hiu'' karena mendirikan Laboratorium Marine Mote di Sarasota, Florida, dan merupakan anggota awal American Elasmobranch Society.

Dia adalah orang yang pertama kali merintis konservasi hiu dan membuat hiu mendapat perhatian di muka publik.

Penemuan Hiu baru dan pemberian nama Squalus Clarkae telah diterbitkan di jurnal sains Zootaxa.

Eugenie Clarke. (Morene Laboratory)

Squalus Clarkae merupakan anggotak keluarga hiu dogfish yang mempunyai karakter hampir mirip satu sama lain. Makhluk penghuni laut dalam ini berukuran sedang jika dibandingkan dengan hiu lainnya.

Mereka juga memiliki tingkat reproduksi yang lambat dan keragaman genetik yang rendah. Hal itu menyebabkan mereka sangat sulit untuk diteliti.

Dikutip dari Metro, sebelumnya ahli biologi telah salah mengaitkan S. Clarkae dengan jenis dogfish lain. Mereka mengira ikan ini termasuk jenis spesies Squalus Mitsukurii.

Eugenie Clarke. (Morene Laboratory)

Tetapi pengujian genetik dan analisis menyeluruh tentang karakteristik fisiknya hiu ini sebagai spesies berbeda yang layak untuk diberi nama sendiri.

Dibandingkan dengan hiu dogfish lainnya, hal yang membedakan termasuk tubuh yang lebih panjang, celah yang lebih ketat di antara matanya, sirip ekor yang lebih pendek dan sirip punggung pertama yang proporsional.

Penemuan spesies hiu baru dan diberi nama seperti pionir pelestarian ikan hiu (Eugenie Clark) semakin menambah semangat para ilmuwan mengkampanyekan penyelamatan ikan hiu.