Minggu, 15 Desember 2019
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 10 September 2018 | 10:00 WIB

Hitekno.com - Fortnite merupakan game battle royale yang sangat digandrungi dan jumlah pemainnya mencapai 125 juta. Ilmuwan memanfaatkan pasar itu untuk melakukan edukasi perubahan iklim kepada para pemain di Fortnite.

Beberapa orang kaya dan terkenal seperti Lil Yachty, Drake, dan David Price juga memainkan game Fortnite. Namun tak sekedar menjual omong kosong dan menjual album, kini ilmuwan ingin memberikan sesuatu yang positif di game Fortnite.

Meski terdengar aneh, namun ilmuwan membuat tim khusus yang mengedukasi ilmu mengenai perubahan iklim sembari bermain game. Para ilmuwan memanfaatkan percakapan yang ada dan disiarkan melalui Twitch.

Para peneliti berharap dengan memanfaatkan game paling populer di planet Bumi dan Twitch, isu perubahan iklim dapat lebih mudah diakses.

Ide ini muncul di Twitter pada pertengahan Juli 2018. Saat itu seorang ilmuwan iklim curhat mengapa trafik video Fortnite anaknya di Youtube lebih banyak daripada video mengenai perubahan iklim miliknya.

Video perubahan iklim hanya meraih seribu view dalam waktu seminggu sementara video Fortnite anaknya mencapai 10 ribu view dalam waktu sehari.

Mahasiswa lulusan MIT yang bernama Henri Drake melihat cuitan curhat ilmuwan iklim tersebut di Twitter. Drake lalu berpikir mengapa kita tidak mengumpulkan sekelompok ilmuwan iklim untuk bermain Fortnite dan berbicara tentang perubahan iklim?

Dikutip dari Gizmodo, akhirnya Drake berhasil mengumpulkan sekitar 20 ilmuwan iklim dan komunikator sains yang tertarik.

Bahkan ada momen ketika mereka bermain di Fortnite mereka mendapatkan pertanyaan dari pemirsa yang menunjukkan pemahaman sains yang cukup mendalam.

Beberapa pertanyaan juga dilontarkan oleh player Fornite ketika mereka bermain bersama.

''Saya berharap kita akan mendapatkan orang-orang yang belum tahu banyak tentang iklim tetapi ingin sekali belajar,'' kata Drake dalam pernyataannya.

Mereka membicarakan perubahan iklim, periode zaman es, dan peristiwa hangat tahun 1930 yang terkait perubahan iklim.

Edukasi perubahan iklim melalui Fortnite sangat menarik dan para ilmuwan berharap mereka bisa menjangkau jutaan orang yang ingin tahu tentang perubahan iklim saat ini.