Rabu, 24 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 11 September 2018 | 11:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Indonesia akan mendapatkan kesempatan untuk menyaksikan Gerhana Matahari Cincin 2019. Sudah siapkah kamu menyakbut fenomena alam ini?

Gerhana Matahari Cincin ini nanti akan terjadi pada 26 Desember 2019. Peristiwa yang dijuluki sebagai 'Ring of Fire' itu terjadi ketika Bulan menutupi pusat Matahari, tetapi masih meninggalkan tepian luar Matahari.

Bila diamati dari permukaan Bumi akan terlihat seperti membentuk 'lingkaran api' atau anulus. Hal itu terjadi karena diameter sudut Bulan tidak cukup besar menutupi seluruh permukaan Matahari.

Diameter sudut Bulan yang tidak cukup besar itu disebabkan Bulan sedang berada pada jarak terjauhnya dari Bumi atau yang disebut dengan Apogee.

Pada 26 Desember 2019, diameter sudut Bulan yang kecil ini akan menciptakan lebar bayangan Gerhana Matahari Cincin yang akan menutupi permukaan Bumi kurang lebih sekitar 118 kilometer.

Wilayah yang tidak dilalui jalur gerhana tersebut hanya akan melihat Gerhana Matahari sebagian saja. Lalu di mana tempat terbaik untuk melihatnya?

Ilustrasi Gerhana Matahari Cincin Ring of Fire. (YouTube)

Dilansir dari Heavens Above, dalam sebuah grafik berbentuk bola dunia memperlihatkan jalur merah yang akan dilalui Gerhana Matahari Cincin. Pada label bertuliskan 'Maximum' menandakan titik terbaik untuk mengamati Gerhana Matahari Cincin.

Untungnya, titik terbaik itu jatuh pada bagian salah satu daerah di Indonesia, yaitu berada di Siak, Riau. Puncak gerhana di titik tersebut akan terjadi pukul 12.17 WIB.

Lama fase puncak Gerhana Matahari Cincin 2019 mendatang sekitar 3 menit 40 detik, dengan durasi globalnya adalah 5 jam 35 menit. Panjang lintasan gerhana di atas permukaan Bumi kurang lebih sekitar 12.850 kilometer.

Bagi pengamat yang benar-benar ingin melihat Gerhana Matahari Cincin disarankan untuk berkunjung ke wilayah yang dilalui jalur merah tersebut, karena area lainnya hanya akan terkena Gerhana Matahari sebagian.

Selain Indonesia, wilayah yang akan terkena Gerhana Matahari Cincin 2019 adalah Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Oman, India, Sri Langka, Singapura, Malaysia, dan Filipina.

Tulisan ini sudah dimuat si Suara.com dengan judul Menunggu Gerhana Matahari Cincin 2019, di Sini Tempat Terbaiknya.

BACA SELANJUTNYA

Berbahayakah Melihat Gerhana Matahari dengan Mata Telanjang?