Kamis, 02 Mei 2024
Galih Priatmojo | Amelia Prisilia : Rabu, 12 September 2018 | 19:17 WIB

Hitekno.com - Salah satu hal yang sering terjadi saat kamu mengisi asupan makanan untuk tubuhmu adalah muncul rasa ngantuk. Untuk kamu yang melakukan aktifitas belajar atau bekerja tentu sangat menghambat. Ternyata hal ini ada penjelasan ilmiahnya lho.

Makan adalah hal wajib yang perlu dilakukan oleh manusia untuk bertahan hidup. Dengan menyantap makanan sesuai dengan waktunya yaitu tiga kali sehari, kamu akan mendapat asupan energi yang cukup serta tubuh yang sehat.

Sayangnya, usai makan kamu akan merasakan kantuk yang luar biasa dan membuat tubuh serasa lemas karena ingin beristirahat.

Jumlah makanan yang kamu konsumsi ternyata berpengaruh terhadap hal ini lho. Jika makan terlalu banyak dan membuatmu merasa kekenyangan, siap-siap diserang rasa kantuk yang luar biasa ya.

Ilustrasi ngantuk setelah kenyang. (lajmi)

Untuk rasa ngantuk yang muncul setelah merasa kenyang, ternyata para peneliti punya penjelasan ilmiahnya.

Setelah makan dan makanan sampai ke lambung untuk diolah, biasanya sistem pencernaanmu akan secara otomatis menyerap zat gizi dari makanan tersebut untuk mengirimnya ke seluruh bagian tubuh yang membutuhkan.

Zat-zat inilah yang nantinya akan diubah menjadi energi untuk dipakai otot-otot tubuh agar bisa terus bergerak. Sisanya akan digunakan untuk membantu tubuh memproduksi berbagai hormon.

Hormon-hormon tersebut antara lain, kolesistokinin dan glukagon yang memicu rasa kenyang dan dapat menaikkan gula darah.

Selain kedua hormon di atas, hormon serotonin dan melatonin juga timbul. Kedua hormon ini berfungsi untuk merangsang rasa kantuk yang kamu rasakan usai kenyang.

Kombinasi deretan hormon di atas ini akan membuatmu mudah merasa ngantuk setelah makan. Rasa ngantuk yang muncul ini lalu membuat tubuh terasa lemas dan capek.

Ilustrasi ngantuk setelah kenyang. (Boldsky)

Biasanya, rasa kantuk muncul setelah kamu memakan makanan yang memiliki karbohidrat dan triptofan yang tinggi. Makanan tersebut antara lain, nasi, kentang, pasta, roti, susu, dan pisang.

Dalam ilmu medis, kondisi ini disebut dengan postprandial somnolen atau yang disebut juga sebagai food coma.

Menurut para peneliti, hal ini merupakan respon tubuh yang sangat wajar dan dirasakan oleh semua orang. Namun, untuk beberapa kasus, rasa ngantuk dan lelah setelah makan dapat diakibatkan oleh masalah kesehatan seperti diabetes dan penyakit celiac.

Salah satu cara untuk terhindar dari rasa ngantuk usai kenyang adalah dengan melakukan peregangan atau berjalan kaki selama 15 menit. Hal ini sangat disarankan untuk menurunkan gula darah dan hormon-hormon pemicu rasa kantuk. Dicoba ya.

BACA SELANJUTNYA

Apa Makanan Buaya? Hewan Purba yang Bisa Telan 3 Kg Daging Per Hari