Jum'at, 03 Mei 2024
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Selasa, 18 September 2018 | 15:30 WIB

Hitekno.com - Ramainya kota terkadang memang memusingkan. Terkadang, orang lebih suka menyendiri jauh dari keramaian dan bergelut dengan semua hal yang ada di pikiran dan perasaan. Salah satu tempat yang paling tepat untukmu yang mulai jenuh dengan keramaian adalah di Laboratorium Orfield.

Laboratorium Orfield adalah tempat tersepi di dunia yang terletak di tengah kota sibuk Minneapolis, Amerika Serikat.

Tempat ini memiliki ruang kecil yang dilapisi dengan busa kedap suara yang intensitas suaranya ada pada -2,5 desibel yang membuatnya masuk dalam Guiness Book of World Record pada tahun 2005.

Laboratorium Orfield memiliki enam ruang kedap suara yang mengapung di atas susunan balok kayu yang di atasnya terdapat pegas. Seluruh bilik dibentuk sama mengelilingi ruangan dengan kedua bilik dibuat menggunakan sekat baja.

Ruangan baja ini terhubung dengan sebuah ruangan besar yang dibangun dengan dinding tebal dan langit-langit. Ruangan yang lebih kecil berisi 3,3 irisan kaca fiber akustik yang tebal.

Karena diklaim sebagai tempat tersepi di dunia, tidak ada seorang pun yang diperbolehkan untuk masuk sendiri ke ruangan laboratorium ini.

Laboratorium Orfield. (Daily Mail)

Pasalnya, Laboratorium Orfield dapat membuat seseorang mengalami disorientasi atau merasa gelisah saat sendiri.

Keadaan ruangan yang sepi dan hening membuat orang takut dan merasa terjadi tekanan di telinga. Padahal tekanan tersebut diakibatkan oleh tekanan udara yang mengalir menjauhi telinga.

Sesaat setelah kamu masuk ruangan, kamu dapat mendengar suara-suara dari dalam tubuh. Suara tulang saat bergerak, suara detak jantung, dan suara liur saat menelan dapat terdengar dengan sangat jelas.

Kamu tidak akan mendengar gaung atau gema dalam ruangan ini. Yang kamu temukan hanyalah dirimu sendiri.

Sayangnya, pengalaman menyenangkan namun menyeramkan ini tidak didesain untuk semua orang yang berkunjung.

Dalam beberapa kasus saat orang berkunjung ke Laboratorium Orfield ini, ia akan tidak tahan dan memilih untuk cepat-cepat keluar karena merasa ketakutan.

Laboratorium Orfield. (WCCO)

Walaupun menakutkan untuk beberapa orang, laboratorium ini dibuat dengan tujuan untuk penelitian mengenai keheningan.

Para peneliti ingin mengetahui bagaimana laboratorium ini mampu menciptakan keheningan yang bisa menjadi terapi untuk beberapa penyakit tertentu.

Penyakit-penyakit tersebut antara lain, autisme dan beberapa gangguan mental lainnya.

Rekor yang dipegang oleh Laboratorium Orfield harus berakhir setelah dipecahkan oleh sebuah laboratorium buatan Microsoft di Redmond, Washington yang menjadi kantor pusatnya yang tidak dibuka secara bebas.

Tertarik mengunjungi tempat tersepi di dunia yang membuatmu mampu mendengar suara tubuh sendiri di Laboratorium Orfield?

BACA SELANJUTNYA

Model Bahasa Kecil Baru Buatan Microsoft Mampu Ungguli ChatGPT