Minggu, 28 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 19 September 2018 | 08:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Perusahaan antariksa, SpaceX pada Senin (17/9/2018) di California, Amerika Serikat, mengumumkan bahwa jutawan Jepang, Yusaku Maezawa akan menjadi turis luar angkasa asal Bumi pertama yang berwisata ke Bulan.

Yusaku Maezawa akan pergi ke Bulan dengan diantar oleh roket Big Falcon Rocket (BFR), sebuah kendaraan antariksa milik SpaceX yang diperkenalkan Elon Musk pada 2016 lalu.

''Saya memilih untuk pergi ke Bulan,'' tulis Yusaku Maezawa dalam akun Twitter-nya.

Rencananya Maezawa akan terbang ke Bulan pada 2023. Ia akan menjadi manusia pertama yang melawat ke Bulan sejak para astronot Amerika Serikat mendarat di permukaan satelit natural Bumi itu pada 1972 dalam misi Apollo 17.

Yusaku Maezawa dan Elon Musk. (Instagram/@yusaku2020)

Perjalanan itu, jelas SpaceX, akan menjadi ''sebuah tonggak penting untuk membuka akses bagi semua orang yang bermimpi untuk pergi ke luar angkasa.''

Yusaku Maezawa, yang kini berusia 42 tahun, mencuri perhatian pada 2017 lalu setelah membeli sebuah lukisan karya Jean-Michel Basquiat seharga 110,5 juta dolar AS dalam sebuah lelang di New York.

Jutawan Jepang dan kolektor seni itu mengatakan ia akan mengundang enam sampai delapan artis dari seluruh dunia untuk pergi bersamanya ke Bulan.

''Mereka akan diminta untuk menciptakan sesuatu setelah kembali ke Bumi. Karya-karya mereka akan menginspirasi para pemimpi di antara kita semua,'' kata Yusaku Maezawa.

Hanya 24 manusia yang pernah mengunjungi Bulan dan semuanya berasal dari AS. Yusaku Maezawa sendiri hanya akan mengorbiti Bulan tanpa menginjakkan kaki di sana.

Tulisan mengenai jutawan Jepang yang jadi turis luar angkasa ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Ini Turis Pertama yang Akan Berwisata ke Bulan.

BACA SELANJUTNYA

Kru Penerbangan Swasta Pertama ke Bulan Sudah Diputuskan, Mayoritas Artis