Kamis, 18 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 21 September 2018 | 12:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kamu punya hobi foto selfie? Apakah yang gemar foto selfie otomatis termasuk narsis? Ternyata tidak, lho!

Narcissistic Personality Disorder (NPD) merupakan gangguan mental yang menyebabkan penderita memiliki tingkah arogan, ingin selalu dipuji, minim empati, egois, dan manipulatif.

Berdasarkan jurnal yang dipublikasikan dalam Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders, ciri seserorang mengidap NPD di antaranya melebih-lebihkan bakat dan prestasi dan sibuk memamerkan fantasi mengenai kesuksesan maupun kecerdasan.

Ilustrasi foto selfie. (pixabay)

Selain itu, orang yang mengidap NPD juga percaya bahwa dirinya adalah pihak superior dan pemikirannya hanya bisa dimengerti oleh mereka yang kedudukannya sama tinggi.

Mereka merasa berhak atas segala sesuatu dan mengharapkan perlakuan khusus dari semua orang.

Lalu apakah hobi selfie bisa dikaitkan dengan gangguan mental Narcissistic Personality Disorder? Pasalnya orang yang hobi selfie kerap dikaitkan dengan narsis.

Kegiatan berswafoto (selfie) tidak bisa disamakan dengan narsis, karena hal tersebut bukan merupakan salah satu ciri orang mengidap Narcissistic Personality Disorder.

Ilustrasi foto selfie. (Pexels)

Narsis didasari oleh rasa takut menunjukkan kelemahan serta kegagalan dan malah sibuk memamerkan fantasi kesuksesannya. Sedangkan percaya diri didasari oleh kualitas diri dalam keberhasilan mencapai sesuatu.

Orang narsis mudah cemburu pada keberhasilan seseorang karena dia merasa berhak atas segela sesuatu sehingga cenderung melakukan persaingan tidak sehat.

Sedangkan orang yang memiliki kepercayaan diri akan menghargai kerjasama dan belas kasih.

Jadi, jangan bilang temanmu yang hobi foto selfie itu narsis ya!

Tulisan mengenai hobi foto selfie ini sudah dimuat di HiMedik.com dengan judul Hobi Selfie Bukan Berarti Kamu Narsis.

BACA SELANJUTNYA

Ada yang Aneh dengan Foto Selfie Ini, Netizen: Emaknya Pasti Bangga