Kamis, 25 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 24 September 2018 | 10:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Belalang sembah atau belalang sentadu dikategorikan ilmuwan sebagai serangga pemburu ''segala''. Hal itu berarti mereka dapat memakan apapun yang mereka inginkan.

Meskipun sudah sejak lama serangga ini dikenal oleh para ilmuwan mempunyai variasi mangsa yang banyak, namun belum banyak yang tahu belalang sembah memakan ikan.

Serangga yang banyak berdoa ini telah diamati memakan serangga lain terutama lalat. Selain itu, belalang sembah juga memakan hewan lain seperti kadal, katak, ular, penyu, tikus dan bahkan burung kecil.

Belalang sembah saat memakan burung kolibri. (DiscoverMagz)

Belalang sembah dapat melakukannya kerena penglihatan 3D (3 Dimensi) miliknya yang sangat baik. Saat mangsa tidak waspada, sang belalang tangguh dapat merespon melalui matanya sehingga bisa menangkap mangsa dengan cepat.

Meski mempunyai selera makan beragam, belalang sembah ternyata mempunyai selera yang lebih beragam lagi dari yang kita kira.

Tahun lalu di India, tim ilmuwan yang dipimpin oleh Roberto Battison dari Canal Museum mengamati belalang sembah yang mengunyah ikan guppy.

Belalang sembah bisa menangkan ikan. (Rajesh)

Penelitiannya sudah dipublikasikan di Journal of Orthoptera Research pada hari Kamis kemarin (20/09/2018). Penelitian tersebut menjadi penelitian pertama yang mendokumentasikan perilaku belalang sembah yang memakan ikan.

Pengamatan dari belalang jantan 2,2 inci ini (Hierodula Tenuidentata) dibuat di taman pribadi yang terletak di Karnataka, India.

Taman itu memang buatan, namun ilmuwan mengatakan bahwa taman itu dibuat semirip mungkin dengan habitat aslinya. Terdapat tawon, kupu-kupu, laba-laba, dan tumbuhan lain seperti di habitatnya.

Dalam tujuh kasus yang diamati, belalang sembah bisa menangkap ikan dan memakannya mulai dari ekor. Dalam satu kesempatan ia mulai makan dari kepala dan dari sisi atas.

Belalang sembah bisa menangkan ikan. (Rajesh)

Ilmuwan mengatakan bahwa adaptasi belalang sembah ini sangat luar biasa. Ikan guppy tidak bergerak seperti kadal, belalang, burung kecil atau lalat.

Namun berkat kaki depan yang kuat serta cengkeramannya, belalang sembah mampu menangkap ikan yang terkenal ''licin''.

Dikutip dari Gizmodo, belalang sembah menangkap ikan dan melahap 9 dari 40 ikan selama periode lima hari.

Mata majemuk yang berukuran besar milik belalang sembah sangat sensitif terhadap gerakan sehingga kemampuan belalang dapat menangkap ikan secara efektif.

Penelitian belalang sembah bisa menangkap ikan akan diteliti lebih lanjut sehingga ilmuwan dapat mengetahui kemampuan visualnya secara rinci.

BACA SELANJUTNYA

Ilmuwan Ungkap Struktur Inti Bulan, Hasilnya Mengejutkan