Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Rabu, 26 September 2018 | 17:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sekarang ini, kamu pasti mengenal bangsa Viking melalui berbagai film yang bercerita tentangnya. Kelompok ini diceritakan sebagai ahli perang yang paling sadis dalam sejarah. Viking dikenal sebagai bangsa barbar yang hanya paham dengan perang dan sistem hidup yang rumit.

Banyak para ahli yang kecewa dengan penggambaran bangsa Viking di film-film. Menurut beberapa ahli, apa yang ditampilkan tidak benar-benar sesuai dengan kenyataan.

Jika di berbagai film bangsa Viking digambarkan sangat kotor, faktanya kelompok ini sangat cinta kebersihan. Bangsa ini menjadi yang paling bersih dari bangsa Eropa lainnya yang hidup di zaman yang sama.

Hal ini terbukti dari beberapa penemuan seperti pisau cukur, gunting, dan juga pembersih telinga yang dibuat dari tulang hewan.

Menurut sejarah, bangsa Viking menikmati relaksasi dengan membersihkan diri menggunakan sumber air panas.

Jauh sebelum zaman modern, bangsa Viking sangat meletakkan dasar hak-hak wanita dengan jelas. Wanita Viking bisa meminta cerai, mewarisi harta suaminya saat ditinggal perang dan mati, hingga diberi harta gono-gini saat bercerai.

Film Viking. (WicklowNews)

Salah jika banyak yang mengira bahwa bangsa Viking terlalu sadis hingga mengabaikan hak-hak wanita.

Jika di film, pria Viking diceritakan sangat heroik dengan kapak besar dan helm bertanduk yang digunakan. Faktanya hal itu sangat salah, pria bangsa Viking kebanyakan berprofesi sebagai petani.

Selain itu bangsa Viking sangat menikmati kehidupan damai mereka dan hidup dengan bertanam tumbuhan dan memelihara hewan ternak.

Walaupun berprofesi sebagai petani, bangsa ini juga tetap terlibat dalam beberapa perang. Untuk itu mereka disebut sebagai ahli perang.

Bangsa Viking juga terkenal suka menjelajah, bangsa ini dikenal dengan sebutan bajak laut. Pencapaian terbaik bangsa ini adalah menjejakan kakinya di tanah Amerika.

Para peneliti sangat yakin dengan fakta ini. Bangsa Viking dipercaya sudah ada di Amerika bahkan 500 tahun sebelum ekspedisi Colombus dimulai.

Bukti nyata dari penemuan jejak Viking di Amerika adalah dengan ditemukannya sebuah situs bernama L'Anse aux yang ada di Newfoundland.

Hobi bangsa ini untuk menjelajah membuat Viking menjadi pencipta teknologi kapal pendayung pertama di dunia.

Film Viking. (vikings-serie)

Vikin menjadi bangsa pertama yang berhasil menciptakan kapal dayung yang dikayuh oleh banyak orang sekaligus yang disebut sebagai one-to-one system.

Sistem kerja kapal ini adalah menempatkan para pendayung di masing-masing sisi kapal untuk bertugas mendayung. Sistem ini membuat kapal bergerak cepat dan dinamis.

Setiap bangsa pada dasarnya memiliki tata cara pemakaman yang berbeda-beda. Bangsa Viking menjadi salah satu dengan sistem pemakaman paling ekstrem.

Ketika salah satu Viking meninggal dunia, tubuhnya akan diletakan di atas perahu lalu para pria Viking akan berkumpul untuk menghujamkan panah api ke perahu tersebut hingga terbakar.

Menurut kepercayaan bangsa ini, meninggal di atas perahu adalah kebanggaan yang tinggi. Hal ini berkaitan dengan perahu dan kapal yang identik dengan identitas bangsa Viking.

Sudah mengenal bangsa Viking, tidak terlalu menyeramkan seperti yang digambarkan dalam film kan?

BACA SELANJUTNYA

Lagi Merebak di AS, Narkoba Zombie Ini Bikin Busuk Jaringan