Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 27 September 2018 | 08:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Diberitakan sebelumnya, Jepang berencana membuat lift antariksa yang dapat meluncur ke luar angkasa. Lift antariksa Jepang ini telah sukses diluncurkan ke luar angkasa.

Sepasang satelit mini yang akan dimanfaatkan untuk menguji teknologi lift antariksa Jepang sukses diluncurkan ke luar angkasa oleh badan antariksa Jepang (JAXA) pada akhir pekan lalu.

Dua satelit kecil yang jadi bagian dari eksperimen STARS-Me itu diluncurkan ke luar angkasa pada 22 September kemarin dari Pulau Tanegashima.

Ilustrasi Stasiun Luar Angkasa (Pixabay)

STARS-Me atau Space Tethered Autonomous Robotic Satellite – Mini elevator terdiri dari dua satelit bervolume 10 sentimeter kubik yang dihubungkan oleh sebuah kabel sepanjang 10 meter.

Sebuah robot kecil, dengan panjang 3 sentimeter dan tinggi 6 sentimeter, akan berfungsi sebagai lift yang bergerak di antara dua satelit dengan cara bergelantungan di kabel tadi.

Jika eksperimen ini berhasil, maka mekanisme kerjanya akan bisa dimanfaatkan untuk membangun lift antariksa skala besar.

Ilustrasi luar angkasa. (Twitter/@Astro_Feustel)

Lift antariksa Jepang ini nantinya bisa dimanfaatkan untuk mengirim astronot atau kargo ke atau dari luar angkasa dengan biaya lebih murah ketimbang menggunakan roket.

Gagasan tentang lift antariksa ini sudah diimpikan sejak 1895 oleh ilmuwan Rusia, Konstantin Tsiolkovsky, setelah ia menyaksikan menara Eifel di Paris, Prancis.

Sekitar satu abad kemudian, penulis Inggris Arthur C. Clarke dalam novelnya yang berjudul The Fountains of Paradise kembali membayangkan lift antariksa digunakan di Bumi.

Tulisan mengenai lift antariksa Jepang ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Jepang Sukses Luncurkan Lift Antariksa ke Luar Angkasa.

BACA SELANJUTNYA

Harga Jepit Rambut Kecil yang Dipakai Nagita Slavina Bikin Netizen Melongo, Terlalu Mahal?