Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Selasa, 02 Oktober 2018 | 14:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Hewan dan manusia adalah dua makhluk hidup yang sama-sama memiliki insting. Insting hewan digunakan untuk menghindari ancaman binatang lain.

Sedangkan insting manusia terintegrasi dengan akal dan hati untuk mencari segala sesuatu yang kemudian dianalisa menggunakan pengetahuan. Dibandingkan dengan hewan, insting manusia lebih produktif dan hidup.

Salah satu keunggulan lain dari hewan adalah memiliki kepekaan indra yang ternyata mampu menyelamatkan nyawa manusia. Hewan mampu mendeteksi bahaya, penyakit, bahkan hingga gempa bumi.

Banyak peneliti yang sudah melakukan penelitian mengenai hal ini dan hasilnya terbukti. Beberapa hewan di bawah ini mampu mendeteksi bahaya lho.

1. Kucing

Kucing. (pixabay/cocoparisienne)

Dalam sebuah penelitian di Jepang tahun 2011, kucing akan mengalami kedutan atau ketakutan pada hari menjelang gempa.

Walaupun penelitian tersebut berhasil membuktikannya, hingga kini tidak ada teori ilmiah mengenai penjelasan hal ini.

Namun, saat kucing tampak cemas dan bersembunyi, ancaman bahaya yang akan datang kemungkinan adalah alasan hewan ini gelisah.

2. Sapi

Sapi. (pixabay/ulleo)

Dalam sebuah studi di National Tsing Hua University, seorang peneliti bernama Hiroyuki Yamauchi menemukan bahwa sapi bereaksi dengan cara yang tidak biasa ketika sesuatu yang buruk akan terjadi.

Sesaat sebelum gempa terjadi, produksi susu sapi akan sangat berkurang.

3. Hiu

Hiu. (pixabay/Wildfaces)

Hiu memiliki indra yang sangat selaras dan dapat merasakan perubahan kecil dalam setiap tekanan. Hal ini membuat hiu dapat mendeteksi badai yang akan datang di laut.

Selain mendeteksi badai, kemampuan hiu ini mampu digunakan untuk mendeteksi ikan yang terluka atau sakit dengan menggunakan getaran.

4. Semut

Semut. (pixabay/SandeepHanda)

Dalam studi yang dilakukan oleh Gabriele Berberich di Universitas Duisburg-Essen di Jerman, menemukan bahwa semut kayu merah juga mampu mendeteksi bahaya, khususnya gempa.

Walaupun berukuran mungil, semut ini sangat pintar. Semut kayu merah ini mampu memberikan reaksi terhadap perubahan medan elektromagnetik di Bumi dan merasakan emisi karbondioksida sebelum bencana datang.

5. Tikus

Tikus. (pixabay/Alexas_Fotos)

Walaupun menjijikkan karena hidup di tempat kotor, tikus rupanya adalah salah satu hewan yang mampu mendeteksi bahaya lho.

Tikus mampu dilatih untuk menemukan bom dan ranjau darat yang tersebar di bawah tanah.

Jenis tikus berpori dari Afrika bahkan dapat mendeteksi tuberkulosis dalam air liur manusia. Lebih efisien daripada beberapa tes laboratorium.

Mengingat beberapa bencana dan bahaya yang sering terjadi beberapa waktu ini. Coba lebih peka dengan memperhatikan tingkah beberapa hewan ini ya.

BACA SELANJUTNYA

Buat Konten Blender Kucing hingga Bikin Netizen Geram, Pria Ini Ditangkap Polisi