Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 08 Oktober 2018 | 14:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebuah lubah misterius muncul dan mengagetkan banyak orang di sekitarnya. Saking misteriusnya, warga menyebutnya sebagai lubang setan.

Lubang ini ditemukan pada pagi hari pada pertengahan September 2018 oleh warga lokal Arkansas, Amerika Serikat. Lubang setan ini tiba-tiba muncul dan mengeluarkan api yang cukup besar.

Terlihat api sempat berkobar dengan mencapai ketinggian hingga 8 kaki atau sekitar 2,4 meter sehingga dijuluki lubang setan.

Saksi mata di sekitar kejadian mengatakan bahwa api tersebut sempat berkobar selama 40 menit.

Mickey Pandergrass seorang hakim dan pejabat berwenang di Baxter County, Arkansas mengatakan bahwa pejabat dan ilmuwan yang berwenang masih menyelidiki tentang hal ini.

Pandergrass mencurigai itu berasal dari metana, namun peneliti dan ilmuwan tak menemukan bahan organik yang membusuk di sekitar tempat itu.

Ia juga bercanda bahwa setan sudah diperintahkan untuk keluar sehingga orang-orang diminta berhenti menjulukinya dengan lubang setan.

Lubang misterius di Arkansas. (Facebook/ Ethan Forhetz)

Lubang misterius diketahui sudah ada setidaknya selama 10 tahun menurut keterangan saksi yang ada.

Peneliti juga menegaskan lubang itu bukan disebabkan oleh meteorit.

Dikutip dari Vice, Lubang setan ini memiliki ukuran sebesar bola voli dan sepertinya pernah digali oleh anjing liar.

Jim Sierzchula, direktur manajemen darurat Baxter County, dan ahli geologi dari Arkansas Geological Survey menyelidiki kasus ini pada akhir September.

''Mereka menemukan lubang itu dengan sebuah kamera dan memastikan bahwa panjangnya sekitar 10 kaki dan berada sekitar 3 kaki di bawah permukaan tanah,'' kata peneliti tersebut.

Lubang misterius memanjang sekitar 10 kaki. (Facebook/ Ethan Forhetz)

Black Hills Energy dikabarkan juga berpartisipasi dalam penyelidikan. Namun para peneliti menemukan bahwa tak ada gas alam di daerah itu.

Departemen Kualitas Lingkungan Arkansas memeriksa empat tangki penyimpanan bahan bakar bawah tanah di daerah tempat kejadian.

Mereka menemukan bahwa tak ada satu tanki pun yang bocor dan mereka menilai itu merupakan fenomena aneh.

Ilmuwan dan juga peneliti sudah mengambil sampel tanah di sekitar lubang misterius untuk diteliti lebih lanjut di laboratorium.

Lubang misterius atau lubang setan yang mengagetkan warga Arkansas itu sudah dikarantina oleh pejabat setempat sehingga tak sembarangan orang bisa masuk.

BACA SELANJUTNYA

Siapa Ibnu Al Haitam? Ternyata Kontribusinya di Bidang Optik Bikin Tercengang