Kamis, 28 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 11 Oktober 2018 | 11:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Cyprien Verseux adalah seorang ilmuwan sekaligus ahli glasiologi dan astrobiologi. Ia baru saja membagikan sensasi makan pagi di Antartika melalui akun Twitter miliknya.

Saat ini ia bekerja di pangkalan ilmiah paling terpencil di dunia, Concordia Station di Antartika. Bahkan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) yang berada 400 km di atas Bumi lebih dekat dari perdaban manusia daripada tempat tersebut.

Concordia Station merupakan tempat paling terisolasi dan tidak ramah bagi siapapun. Ketika tidak sibuk mengumpulkan smapel dan melakukan penelitian tentang iklim, Cyprien membuat blog untuk membagikan pengalamannya.

Cyprien dan sekolompok kecil ilmuwan sendirian berada di kedalaman wilayah terpencil saat musim dingin di Antartika.

Dikutip dari BoredPanda, suhu yang ada disana sangat dingin bahkan bakteri pun tidak dapat hidup.

''Ini adalah daerah terdingin di Bumi, dengan suhu dapat mencapai minus 70 derajat Celcius di musim dingin,'' kata Cyprien dalam penjelasannya.

Karena wilayahnya yang sangat dingin, kendaraan tidak bisa leluasa datang dan pergi. Mereka pelu kendaraan khusus untuk melakukannya.

Sekelompok manusia tersebut mempunyai tim yang berjumlah hanya 13 orang. Mereka terdiri dari teknisi, ilmuwan, juru masak, dan dokter medis.

Meskipun tidak ramah, Concordia sangat menarik bagi para ilmuwan dari berbagai bidang seperti astronomi, fisiologi manusia, glasiologi, ilmu atmosfer, dan geofisika.

Badan Antariksa Eropa menggunakan Concordia sebagai tempat adaptasi manusia karena sesuai dengan kondisi masa depan saat berada di Bulan atau Mars.

Berkat proyek EPICA yang dilakukannya disini, mereka menemukan bahwa efek gas rumah kaca tak pernah setinggi ini dalam 800 ribu tahun terakhir.

Mereka membagikan pengalamannya saat memasak dan langsung membeku sehingga dijuluki ''deep freeze''. Berikut sensasi makan pagi di Antartika yang dibagikan oleh netizen terpencil disana:

1. Kasihan telurnya langsung beku waktu dimasak.

Pengalaman memasak dan makan pagi di Antartika. (Twitter.CyprienVerseux)

2. Mie juga langsung beku, yang sabar ya Cyprien!

Pengalaman memasak dan makan pagi di Antartika. (Twitter.CyprienVerseux)

3. Dijamin kelaparan di Antartika!

Pengalaman memasak dan makan pagi di Antartika. (Twitter.CyprienVerseux)

4. Donat krispi rasa es.

Pengalaman memasak dan makan pagi di Antartika. (Twitter.CyprienVerseux)

5. Mungkin mereka ngambek terus nongkrong aja malam-malam!

Pengalaman di Antartika. (Twitter.CyprienVerseux)

 

BACA SELANJUTNYA

Ilmuwan Ungkap Ada Samudra di Bawah Permukaan Satelitnya Uranus, Ada Makhluk Hidup?