Jum'at, 26 April 2024
Galih Priatmojo | Amelia Prisilia : Sabtu, 13 Oktober 2018 | 21:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Indonesia yang berada di kawasan rantai gunung berapi atau ring of fire ini memang sangat rentan dengan gempa bumi.

Setelah Lombok, Palu, Donggala, dan Jawa Timur, siang ini (13/10/2018) Kota Manado kembali diguncang gempa 5,2 SR.

Indonesia berada di kawasan cincin pasifik yang aktif karena menjadi pertemuan empat lempeng tektonik, yakni Asia, Australia, Samudera Hindia, dan Pasifik.

Potensi bencana yang terjadi di Indonesia diperkirakan sering terjadi di Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara, hingga Sulawesi.

Salah satu pulau yang disebut-sebut teraman dari gempa adalah Kalimantan. Seorang peneliti LIPI menyebutkan bahwa Kalimantan relatif lebih aman jika dibandingkan dengan pulau lainnya.

Ilustrasi gempa. (pixabay/Angelo_Giordano)

Hal ini karena Kalimantan berada jauh dari batas lempeng. Gempa sendiri sering terjadi dekat dengan atau pada batas lempeng yang terdapat sesar aktif.

Letak geografis Kalimantan berbeda dengan Sulawesi yang memiliki empat sesar aktif yakni, sesar Palu-Koro, sesar Saddang, sesar Gorontalo, dan sesar Matano.

Sesar Palu-Koro menjadi salah satu yang menyebabkan terjadinya gempa di Palu dan Donggala yang baru-baru ini terjadi bersama susulan gelombang tsunami.

Namun, melihat dari sejarahnya, daerah ini juga pernah dilanda gempa bumi yang terjadi di Tarakan, Kalimantan Utara dan berkekuatan 6,1 SR pada 2015 lalu.

Penyebab gempa di Tarakan ini karena adanya sesar Tarakan yang terlihat di bagian utara Kalimantan dan terbentang dari daratan hingga lepas pantai.

Ilustrasi gempa. (pixabay/That_Soham)

Selain sesar Tarakan, Kalimantan juga memiliki setidaknya tiga sesar aktif antara lain, sesar Tarakan, sesar Mangkalihat, dan sesar Meratus.

Setiap sesar ini memiliki panjang lebih dari 100 km yang bisa saja menimbulkan gempa berkekuatan 7 SR.

Sesar Mangkalihat memiliki bentuk mendatar dan dapat terlihat dari pantai Timur Kalimantan, sedangkan sesar Tarakan dan Meratus berada di bagian Selatan Kalimantan.

Para peneliti menjelaskan bahwa Kalimantan tidak 100 persen dapat disebut sebagai pulau teraman dari gempa. Beberapa daerah di Kalimantan yang aman dari gempa antara lain Kalimantan Tengah, Timur, dan Barat.

BACA SELANJUTNYA

Gempa Magnitudo 6,6 Guncang Barat Laut Tuban Jatim, "Gempa" dan "Kerasa" Trending di Twitter