Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Senin, 15 Oktober 2018 | 15:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Tom Cruise, dikabarkan menganut Scientologi yang membuatnya tidak bertemu dengan putrinya Suri Cruise selama bertahun-tahun. Lalu, apa itu Scientologi?

Aktor Mission Impossible ini menjadi penganut Scientologi selama puluhan tahun. Hal ini disampaikan oleh Mimi Rogers, yang adalah istri pertamanya.

Scientologi adalah sebuah agama yang menawarkan pemahaman yang lengkap untuk menuju pada sifat spiritual yang sejati dalam hubungan dengan diri sendiri, keluarga, kelompok, manusia lain, alam semesta, spiritual alam semesta, dan Maha Agung.

Ajaran Scientologi sangat mengutamakan ilmu pengetahuan, seperti dua suku katanya. Yaitu bahasa Latin, Scio yang berarti mengetahui, dan bahasa Yunani, Logos yant berarti mempelajari.

Secara singkat, scientologi dapat disebut sebagai pengetahuan yang mengandalkan logika berpikir.

Ilustrasi berdoa. (pixabay/terimakasih0)

Aliran ini pertama ada di Amerika Serikat pada tahun 1954 dan kemudian berkembang pesat dan berhasil menjaring tokoh-tokoh penting dunia.

Scientologi pertama kali dirintis oleh L Ron Hubbard yang berasal dari New Jersey, Amerika Serikat. Pada tahun yang sama, Hubbard membangun Gereja Scientologi.

Walaupun disebut sebagai gereja, aliran ini memiliki kepercayaan yang sangat berbeda dengan Nasrani.

Aliran Scientologi mengklaim diri sebagai akar kepercayaan dari semua agama-agama besar yang meliputi warisan dan tradisi keagamaan yang sudah ada sejak dulu kala. Menurut beberapa sumber, aliran ini sudah berusia sekitar 50 ribu tahun.

Scientologi sangat fokus pada roh bukan tubuh atau pikiran. Penganutnya percaya jika manusia sebenarnya bukan produk dari lingkungan atau gen-nya.

Konsep aliran ini percaya jika manusia pada dasarnya baik dan keselamatan roh bergantung pada dirinya sendiri, rekan-rekannya, dan pencapaian rasa persaudaraannya dengan alam semesta.

Ilustrasi lilin. (pixabay/pixel2013)

Setidaknya ada tiga prinsip mendasar dalam aliran Scientologi, antara lain manusia memiliki roh yang abadi, pengalaman manusia berkembang luas dalam seumur hidupnya, dan kemampuan manusia tidak terbatas.

Aliran ini menekankan bahwa Scientologi bukan agama yang memberikan doktrin tertentu di mana para pengikut harus menerima segala hal dengan penuh keyakinan.

Sebaliknya, para pengikut agama ini diperbolehkan untuk menggunakan caraya untuk menemukan kebenaran prinsip Scientology. Tujuan akhir aliran ini adalah pencerahan roh yang sejati dan kebebasan untuk semua manusia.

Untuk para anggota jemaat yang baru, Scientologi memiliki markas besar yang menjadi pusat pelatihan serupa militer yang bernama Scientologi Gold Base yang berada di California, Amerika Serikat.

Ilustrasi baca kitab suci. (pixabay/Free-Photos)

Jika kamu berencana pergi dari sini tanpa izin, kamu akan dilacak oleh tim khusus yang akan menggunakan tekanan fisik hingga emosional untuk memaksamu kembali ke Gold Base. Dalam lokasi Gold Base, terdapat lokasi bernama The Hole yang menjadi lokasi penghukuman.

Ada banyak kontroversi yang timbul dari agama ini, salah satunya pengakuan mantan jemaat yang pernah ditahan selama 12 tahun dan dipaksa kerja kasar bak buruh. Pihak Scientologi tidak terpengaruh dengan berbagai kontroversi ini dan menganggap cibiran-cibiran tersebut sebagai respon beberapa pihak yang menolak hal baru.

Sejak kemunculannya pada tahun 1954, aliran ini berkembang cukup pesat dengan jumlah jemaat mencapat 8 juta orang.

Selain Tom Cruise, beberapa selebriti ini disebut-sebut sebagai penganut aliran Scientologi, seperti Tom Cruise, John Travolta, Kirstie Alley, Lisa Marie Presley, dan Will Smith.

BACA SELANJUTNYA

AS Disinyalir akan Musnahkan Fasilitas Produksi TSMC Jika China Injakkan Kaki di Taiwan