Jum'at, 26 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Sabtu, 20 Oktober 2018 | 08:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh ilmuwan menyatakan bahwa ternyata anjing memahami bahasa manusia. Namun itu bukan berarti anjing mengerti bahasa manusia secara penuh, ia hanya mengerti frasa tertentu.

Sebuah studi baru yang dilakukan oleh para ilmuwan dari Emory University telah diterbitkan pada hari Senin (15/10/2018) di jurnal Frontiers Neuroscience.

Penelitian itu menunjukkan bahwa anjing ternyata memilki pemahaman dasar tentang kata-kata yang telah diajarkan oleh manusia.

Peneliti melatih 12 anjing yang terdiri dari ras berbeda selama dua hingga enam bulan. Ia dilatih agar dapat membedakan dua mainan berdasarkan nama masing-masing mainan.

Para peneliti kemudian menggunakan alat functional Magnetic Resonance Imaging (fMRI) untuk mempelajari apakah anjing dapat membedakan kata yang diucapkan manusia.

Selain itu, para peneliti juga melakukan tes apakah anjing dapat mengingat kata-kata yang sudah diucapkan dan membedakannya dengan kata-kata baru.

Ilustrasi anjing dan manusia.(Pixabay/ Lepale)

''Banyak pemilik anjing berpikir bahwa anjing mereka tahu mengenai arti beberapa kata tertentu. Namun tidak banyak bukti ilmiah yang mendukung hal itu,'' kata Ashley Prichard, seorang kandidat PH.D di Departemen Psikologi Emory sekaligus pemimpin penelitian.

Alih-alih percaya dengan klaim seseorang, peneliti ingin mendapatkan bukti ilmiah dari data yang didapat oleh anjing itu sendiri.

Anjing-anjing itu kemudian dilatih mengambil objek berdasarkan nama yang disematkan pada objek-objek itu (misalnya ''piggy'' atau ''monkey'').

Mereka kemudian diberi hadiah dan pujian karena mengaitkan objek dengan namanya secara benar.

Para peneliti menemukan bahwa anjing ternyata menunjukkan kemampuan untuk membedakan antara dua objek yang berbeda.

Dikutip dari Gizmodo, mereka menemukan bahwa terdapat peningkatan aktivitas otak yang lebih besar apabila anjing dikenalkan dengan kata-kata baru dibandingkan dengan kata-kata lama.

Anjing yang dijadikan objek penelitian beserta 2 mainan di depan mereka. (Emory University)

Menariknya, cara anjing bereaksi terhadap kata-kata baru adalah kebalikan dari bagaimana otak manusia bereaksi terhadap kata-kata yang tidak mereka ketahui.

Otak manusia biasanya akan menunjukkan aktivitas saraf lebih besar ketika menghadapi kata-kata yang dikenal (kata-kata lama) dibandingkan dengan kata-kata baru.

Para peneliti menarik kesimpulan bahwa anjing memahami bahasa manusia dan dapat menanggapi kata-kata baru kemungkinan karena mereka ingin memahami atau menyenangkan kita.

Namun mereka kemungkinan juga mengharapkan pujian dan makanan.

Penelitian mengenai anjing memahami bahasa manusia semakin memperkuat bukti ilmiah mengenai otak anjing yang memang lebih pintar dari binatang lainnya.

BACA SELANJUTNYA

Duh Anjing Ini Bisa-bisanya Kecanduan Alkohol, Dokter Hewan pun Sampai Turun Tangan