Jum'at, 03 Mei 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 25 Oktober 2018 | 18:00 WIB

Hitekno.com - Profesi sebagai pembuat konten di YouTube atau Youtuber saat ini sedang naik daun. Sayangnya, tidak sedikit Youtuber yang mengidap gangguan mental.

Youtuber profesional dituntut untuk terus merilis konten baru, bahkan ada yang setiap hari. Belum lagi mereka harus aktif berinteraksi dengan fans di media sosial.

Seolah-olah tak ada hari libur bagi seorang Youtuber. Tanggal merah maupun hari minggu pun mereka harus merilis konten dan berinteraksi dengan fans.

Ilustrasi gadget. (pakutaso).

Dilansir dari The Guardian, Katherine Lo, peneliti dari University of California, mengungkap kalau yang dilakukan Youtuber ini dapat memicu stres hingga gangguan pasca stres traumatis (PTSD).

''Pekerjaan seperti ini (Youtuber) kadang tidak terlihat tapi sangat melelahkan dan menjadi penyebab utama stres kerja'' kata Katherine Lo.

''Dalam banyak kasus, ini dapat berkontribusi pada PTSD, terutama ketika Youtuber menjadi subjek pelecehan, terancam keamanan dan privasinya, atau komunitas di sekeliling yang tidak baik'' lanjutnya.

Ilustrasi sedih. (pakutaso)

Apa yang dikatakan Katherine Lo ini diperkuat oleh Chris O'Sullivan dari yayasan Mental Health Foundation. Ia mengatakan meroketnya popularitas seseorang karena video viral bisa memicu gangguan mental.

''Saat ini, kamu bisa menjadi superstar secara online dengan video viral di usia berapapun dan di mana pun. Tanpa dukungan dan bimbingan, potensi untuk kelelahan karena eksposure semakin luar biasa'' Chris O'Sullivan.

Sebelum jadi Youtuber, sebaiknya kamu ketahui gangguan metal yang sering dialami Youtuber menurut Katherine Lo.

  • Kelelahan karena harus bersikap akrab dengan fans,
  • Stres baca komentar
  • Kecemasan finansial karena sponsor dan donasi,
  • Tekanan untuk menjaga reputasi dan hubungan profesional dengan fans.

Itulah risiko gangguan mental yang sering dialami Youtuber. Masih mau jadi Youtuber?

BACA SELANJUTNYA

Lihat Tomo dan Livy Renata Berduaan Pakai Yukata, Malah Bikin Netizen Baper