Jum'at, 26 April 2024
Tinwarotul Fatonah | Rezza Dwi Rachmanta : Minggu, 28 Oktober 2018 | 09:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Seorang fotografer baru saja memenangkan sebuah penghargaan dari NASA berkat karya ''pilar langit'' miliknya. Vincent Brady mendapatkan penghargaan Astronomy Picture of the Day dari NASA baru-baru ini.

Vincent merupakan warga asli Michigan, Amerika Serikat, yang menangkap sebuah ''pilar langit'' di atas wilayah Whitefish Bay.

Wilayah itu berada di tepi timur Danau Superior dan merupakan wilayah yang terkenal akan keindahannya.

Pilar langit itu sering dijuluki dengan nama ''pilar cahaya'' karena terlihat sebagai berkas cahaya yang tampak memanjang ke angkasa.

Pilar cahaya memang bisa terlihat sebagai penampakan alien karena sangat aneh. Namun itu ternyata sebuah fenomena alam biasa dan bisa dijelaskan secara ilmiah.

Udara dingin yang biasanya mengandung kristal es akan memantulkan cahaya dari lampu buatan (lampu kota) sehingga akan tercipta efek yang aneh.

Penampakan pilar cahaya yang mendapatkan penghargaan dari NASA (Facebook/ Astronomy Picture of the Day (APOD)/ Vincent Brady).

Efek aneh itulah yang disebut secara ilmiah sebagai pilar cahaya. Fenomena itu termasuk fenomena yang unik karena terjadi ketika suhu turun menjadi satu digit (0 hingga 9 derajat Celcius).

Namun itu juga sering terjadi ketika suhu di bawah 0 derajat Celcius dengan kondisi angin yang cukup tenang.

''Pilar cahaya telah menjadi salah satu mata pelajaran favorit saya,'' kata Brady seperti yang dikutip dari IFLScience.

Karena embun di dalam gulungan itu menjadi kristal ia juga sering disebut sebagai ''debu berlian''. Dari jarak dekat, kamu bisa melihatnya berkilau di dalam cahaya dan tampak menari di udara.

Menariknya, tak hanya lampu buatan yang bisa menghasilkan pilar cahaya. Matahari juga bisa membuat efek seperti ini juga.

Cahaya Matahari dapat memantulkan kristal es untuk menciptakan seberkas cahaya. Fenomena itu sering disebut dengan pilar Matahari.

Penampakan pilar Matahari. (Wikimedia/ Brocken Inaglory)

Bulan juga dapat menghasilkan efek yang sama dan disebut dengan pilar Bulan.

Pilar Matahari paling bagus dilihat saat Matahari dalam kondisi rendah di langit. Pilar cahaya, dapat dilihat sepanjang malam ketika ada banyak lampu buatan yang tersedia untuk menimbulkan efek.

Namun saat kamu sedang memburu pilar cahaya, pastikan jaket tebal sudah menyelimutimu karena cuacanya akan sangat dingin.

Itulah tadi penjelasan dan penampakan pilar cahaya atau pilar langit, kamu jadi ini ingin memburunya kan?

BACA SELANJUTNYA

Ramai Isu Perselingkuhan Adam Levine dan Reza Arap, Ternyata Ini Penjelasan Ilmiah Orang Ingin Selingkuh