Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 28 Oktober 2018 | 15:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Para ilmuwan NASA menduga alien bersembunyi di air asin yang terletak di bawah permukaan planet Mars. Apa yang menjadi kecurigaan ini dipublikasikan dalam Nature Geoscience.

Para peneliti dari Caltech dan NASA mengemukakan bahwa kandungan air yang berada di Mars mengandung cukup oksigen untuk mendukung kehidupan alien.

''Oksigen adalah bahan utama ketika menentukan kelayakan lingkungan, tetapi ia relatif langka di Mars,'' kata Woody Fischer, salah satu peneliti yang terlibat.

Exomars. (The New York Times)

Penelitian sebelumnya menunjukkan kandungan air yang terletak di lapisan es di kutub selatan atau kolam air asin. Nah, kolam air asin itulah yang menjadi dasar dari penelitian ini.

Kandungan air asin dapat menyerap oksigen yang datang dari lapisan atmosfer yang tipis. Oksigen tersebut dinilai dapati mendukung suatu kehidupan.

Para peneliti menggunakan komputer model untuk menggambarkan bagaimana oksigen larut dalam air asin yang memiliki suhu di bawah 0 derajat celcius.

Sumber: VideoBlock

Analisis mereka mengungkapkan bahwa pada elevasi rendah dan suhu rendah, oksigen dalam jumlah yang sangat tinggi bisa beradadi air, yang berarti dapat mempertahankan kehidupan dasar.

Para peneliti berharap temuan mereka dapat menjadi acuan untuk misi Mars di masa depan. Sehingga, para astronot dapat lebih mudah menemukan tanda-tanda kehidupan di Mars.

Tulisan ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Ilmuwan Curiga Alien Bersembunyi di Mars.

BACA SELANJUTNYA

Asteroid Seukuran Gedung Tiga Lantai Sempat Dekati Bumi namun Tak Usung Bahaya