Kamis, 18 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 31 Oktober 2018 | 20:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sekelompok peneliti laut dalam baru saja menemukan sebuah pemandangan yang sangat menakjubkan. Bagaimana tidak, peneliti menemukan kurang lebih seribu gurita laut dalam di satu tempat.

Peneliti yang tergabung dalam Kapal Eksplorasi Nautilus menemukan pemandangan langka di kedalaman laut yang sangat gelap.

ROV (Remotely Operated underwater Vehicle) atau kendaraan bawah laut otonom berhasil merekam bagaimana koloni gurita laut dalam yang sedang berdiam diri.

ROV sedang merekam penampakan gurita laut dalam langka. (Youtube/ EVNautilus)

Peneliti yang berhasil menemukan pemandangan langka ini tergabung dalam Ocean Exploration Trust yang didirikan pada tahun 2008 oleh Dr. Robert Ballard.

Pendiri eksplorasi tersebut terkenal karena penemuan kapal langka yaitu RMS Titanic.

Mereka melakukan eksplorasi menggunakan kapal Nautilus sepanjang 64 meter.

Tak hanya kapal langka, peneliti ternyata berhasil menemukan koloni gurita laut dalam yang sangat langka.

Penampakan ini terekam di daerah perairan Monterey California dan menyuguhkan pemandangan yang belum pernah terlihat sebelumnya.

Koloni gurita itu berada di sekitar Davidson Seamount atau Gunung Bawah Laut Davidson yang menjulang setinggi 2.280 meter dari dasar laut.

Peneliti sempat kesulitan dalam menjangkau wilayah ini dikarenakan puncak Davidson Seamont terendam di kedalaman 4.100 meter.

Penampakan gurita laut dalam langka dari jarak dekat. (Youtube/ EVNautilus)

Namun berkat bantuan dari ROV, dan perhitungan yang matang, mereka dapat menangkap pemandangan langka tersebut.

Gurita-gurita itu termasuk dalam spesies Muusoctopus robustus (gurita laut dalam) berwarna ungu yang masuk kategori hewan langka.

''Sebagian besar gurita menempel di batu dalam posisi terbalik dan mereka terlihat sedang melindungi telur. Dari jumlah kira-kira seribu gurita, kita hanya melihat dua atau tiga gurita yang berenang di sekitar.'' kata ilmuwan Nautilus yang bernama Chad King.

ROV sedang merekam penampakan gurita laut dalam langka. (Youtube/ EVNautilus)

Dikutip dari NPR, peneliti juga melihat sebuah kilauan di air yang menandakan bahwa air panas terlihat keluar dari gunung bawah laut.

Menurut peneliti, gurita itu sedang mengerami telur mereka secara massal sehingga penampakannya menjadi sangat menakjubkan.

Masih belum diketahui mengapa koloni gurita itu memilih lokasi dekat dengan gunung bawah laut.

Namun peneliti berspekulasi bahwa kemungkinan oksigen di sekitar tempat itu lebih tinggi daripada dasar laut lainnya.

Penampakan seribu gurita laut langka sangat menakjubkan karena peneliti maupun manusia lainnya sangat jarang melihat pemandangan ini.

BACA SELANJUTNYA

Pakar Ungkap Keresahannya Terkait AI, Bisa Ancam Umat Manusia?