Sabtu, 27 April 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Jum'at, 02 November 2018 | 14:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kehidupan modern kini tentu tidak bisa dilepaskan dari kehidupan masa lalu yang pernah ada. Sebelum ada berbagai 7 benua sekarang ini, ada beberapa dunia legendaris yang telah menghilang dan kini tinggal nama.

Kisah dunia legendaris ini lalu tersimpan sebagai sejarah dari kerajaan-kerajaan yang pernah makmur lalu menghilang tanpa jejak.

Walau beberapa berpendapat jika dunia legendaris ini hanyalah mitos, namun banyak juga yang percaya jika deretan dunia legendaris ini benar pernah ada dan bertahta pada masanya.

Untuk sedikit throwback dan menelusuri jejak sejarahnya, berikut 5 dunia legendaris yang pernah ada lalu hilang.

1. Atlantis

Atlantis. (Wikipedia/JERRYE AND ROY KLOTZ MD)

Salah satu dunia legendaris yang pernah ada dan hilang adalah Atlantis. Kisah Atlantis ini pertama kali disebutkan 2.300 tahun silam oleh seorang filsuf Yunani kuno bernama Plato.

Dibandingkan dengan yang lainnya, kisah Atlantis menjadi salah satu misteri tertua dan terbesar di dunia. Plato menjelaskan bahwa kerajaan utopis ini ada sekitar 9.000 tahun yang lalu sebelum secara tiba-tiba menghilang.

Banyak kebeneran kisah ini yang masih belum terpecahkan dan tinggal misteri hingga kini. Bahkan masih banyak peneliti yang melakukan berbagai penelitian untuk mencari kebenaran dan keberadaan kota ini.

Pertanyaan besar dari keberadaan Atlantis adalah dimana letak kota ini? Beberapa narasi percaya jika kota ini sudah tenggelam ke dasar laut setelah terhantang gempa bumi dan tsunami.

Sumber lain mengatakan jika Atlantis terletak di Mediterania, di lepas pantai Spanyol. Sumber lain mengatakan jika kota ini berada di bawah Antartika. Yang terbaru, banyak yang percaya jika Atlantis terletak di Cadiz, sebuah tempat yang berada antara Spanyol dan perairan Maroko.

2. Avalon

Ilustrasi Avalon. (Unsplash/Jeremy Bishop)

Pulau Avalon adalah salah satu pulau dengan daya magis yang tinggi dan menjadi salah dunia legendaris yang menghilang.

Pulau ini sempat menjadi tempat bagi Raja Arthur saat terluka dalam pertarungan melawan Mordred yang saat itu mencoba untuk menguasai Kerajaan Inggris dengan cara merebut kekuasaan Raja Arthur. Menurut legenda, di pulau ini pedang Excalibur ditempa.

Sayangnya, hingga kini keberadaan Pulau Avalon tidak diketahui. Namun banyak yang percaya jika pulau ini selalu dikelilingi oleh kabut dan tampak seakan mengambang di atas permukaan laut.

3. Lemuria

Ilustrasi Lemuria. (Unsplash/Christian Palmer)

Menurut berbagai legenda, Lemuria sudah tenggelam ditelan lautan dan sekarang berada di kedalaman Samudera Pasifik atau Samudera Hindi.

Kata Lemuria pertama kali diperkenalkan oleh Helenea Blavatsky dalam sebuah karya miliknya. Menurutnya, Lemuria dulunya ditinggali oleh masyarakat dengan tinggi 2,1 meter.

Lebih lanjut, William Scott-Elliot memberikan penjelasan mengenai lokasi akurat Lemuria melalui Charles Webster Leadbeater yang berkomunikasi dengan dunia arwah. Menurutnya, lokasi Lemuria berada pada pantai timur Afrika, melewati India, hingga ke Samudera Pasifik.

Menurut sumber yang lain, Lemuria dan Atlantis masih saling bersinggungan. Banyak yang percaya bahwa warga Lemuria adalah nenek moyang dari manusia Atlantis.

Sekali lagi, hingga kini keberadaan daerah ini masih tidak diketahui.

4. Lyonesse

Ilustrasi Lyonesse. (Unsplash/Jim Beaudoin)

Lyonesse masuk dalam dunia legendaris yang menghilang dan tinggal nama sekarang ini. Kabarnya daerah ini adalah rumah bagi Sir Tristan, salah satu ksatria meja bundar Raja Arthur.

Banyak yang percaya bahwa Lyonesse ini terletak di dekat Cornwall. Sayangnya tidak ada yang mampu menjelaskan lokasi tepat di mana Lyonesse ini berada.

Namun, menurut beberapa legenda, daerah ini juga tenggelam sama seperti Atlantis dan Lemuria.

Dahulu, Lyonesse adalah tempat peperangan terakhir Raja Arthur sebelum terluka parah akibat perang dahsyat tersebut.

5. El Dorado

Ilustrasi El Dorado. (Unsplash/Color Crescent)

El Dorado disebut-sebut sebagai kota yang dilapisi emas pada abad ke-16. Kota ini rumornya dipimpin oleh Raja Pendeta yang bernama El-Dorado. Seluruh tubuh Raja Pendeta ini dilapisi dengan serbuk emas.

Emas yang berada di El-Dorado ini lalu berhasil ditemukan oleh seorang penjajah bernama Fransisco Pizarro. Sayangnya, ia malah dibunuh karena emas-emas tersebut.

Walaupun beberapa kisah sangat mendukung bahwa El Dorado sangat nyata, faktanya hingga kini tidak ada bukti nyata mengenai El Dorado.

Walaupun begitu, hingga kini masih banyak yang percaya dengan keberadaan kota El Dorado ini.

Itu tadi deretan dunia legendaris yang sudah menghilang dan meninggalkan nama besar hari ini. Entah benar atau tidak, namun dunia legendaris ini akan selamanya menjadi sejarah abadi dari peradaban manusia.

BACA SELANJUTNYA

Kisah Cinta Poseidon dan Atlantis yang Menghilang