Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 11 November 2018 | 09:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Perkembangan Artificial Intelligence (AI), atau kecerdasan buatan semakin pesat. Bahkan perlahan gantikan manusia sebagai news anchor atau pembaca berita.

Biasanya kita melihat pembaca berita di televisi adalah manusia. Banyak pembawa berita yang tampan maupun cantik diminati para penonton.

Namun baru-baru ini, diperkenalkan kecerdasan buatan sebagai seorang pembaca berita. Kecerdasan buatan ini bisa membacakan berita dalam Bahasa Ingris.

Kecerdasan Buatan gantikan manusia sebagai pembaca berita. (YouTube/New China TV)

Xinhua, sebuah media dari Cina memperkenalkan pembaca berita yang bukan manusia ini. Diberi nama English AI Anchor, diklaim sebagai kecerdasan buatan pembaca berita pertama yang pernah ada.

English AI Anchor ini pertama kali diperkenalkan di World Internet Conference yang digelar di Zhejiang, Cina. Dan langsung menarik perhatian banyak orang.

Dalam penampilan perdananya, kecerdasan buatan ini memakai tampilan model dari Zhang Zhao, seorang manusia pembaca berita asli.

Kecerdasan buatan ini adalah hasil kerja sama antara Xihuan dengan Sogou.com, search engine ternama di Cina.

Dikembangkannya English AI Anchor ini karena dianggap bisa bekerja 24 jam setiap harinya untuk membacakan berita dari berbagai medi.

Kecerdasan buatan ini diklaim dapat menurunkan biaya produksi berita dan meningkatkan efisiensi. Terutama untuk pembaca berita yang memiliki banyak keterbataan.

Jika kecerdasan buatan bisa menggantikan pembaca berita, profesi apa lagi yang akan tergantikan?

BACA SELANJUTNYA

10 Istilah AI yang Harus Diketahui