Sabtu, 27 April 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Rabu, 14 November 2018 | 21:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Majunya teknologi memang beriringan dengan borosnya energi yang digunakan. Untuk masalah satu ini, sepertinya Cina selangkah lebih maju. Salah satu gedung bernama Pearl River Tower yang berada di negara tersebut, diklaim paling hemat energi lho.

Majunya teknologi dalam zaman modern membuat banyak perusahaan mencoba untuk menyematkan teknologi dalam semua aspek produknya.

Yang terbaru, Cina menyematkan teknologi super canggih pada gedung pencakar langitnya yang bernama, Pearl River Tower.

Pearl River Tower. (Wikipedia/Bradwilkins)

Gedung pencakar langit ini berada di Tiongkok, Kota Guangzhou dan dibangun setinggi 309 meter. Walaupun super tinggi, gedung ini rupanya hanya mengonsumsi energi sebesar 60 persen lebih rendah jika dibandingkan dengan gedung lain yang berukuran sama.

Pearl River Tower ini dibangun dan berdiri dengan memanfaatkan tenaga angin untuk menghasilkan listrik bagi kebutuhan gedung dan isinya.

Cara penggunaannya, dalam setiap sisi gedung akan dipasangkan turbin-turbin yang berfungsi untuk menarik angin dari seluruh sistem ventilasi.

Untuk membuat cadangan listrik, Pearl River Tower menggunakan panel surya berskala besar di bagian fasad atau bagian terluar bangunan.

Pearl River Tower. (Wikipedia/IndexxRus)

Panel surya ini sudah dilengkapi dengan sensor cahaya dan sistem penutup otomatis.

Tidak menggunakan air conditioning atau AC, Pearl River Tower malah sengaja mendesain dinding gedung dengan tirai mekanik yang mampu secara otomatis mengatur suhu secara alami.

Memanfaatkan teknologi dengan positif, rupanya Pearl River Tower sukses menghemat energi.

Beberapa sumber bahkan menyebut bahwa Pearl River Tower ini bisa saja diklaim sebagai satu-satunya gedung pencakar langit dengan konsumsi energi terendah sekaligus hemat.

Semoga banyak gedung pencakar langit lainnya yang meniru ide cemerlang Pearl River Tower ini ya.

BACA SELANJUTNYA

Mengenal BLUETTI, Solusi Energi Terbarukan Ramah Lingkungan yang Akan Hadir di Indonesia