Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 14 November 2018 | 16:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Beredar video di Air Terjun Sedudo, Nganjuk Jawa Timur yang berwarna hitam pekat. Kenapa air terjun ini bisa berubah warna menjadi hitam?

Terkait dengan perubahan warna Air Terjun Sedudo ini, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho memberikan penjelasannya.

Melalui akun Twitter resminya, @Sutopo_PN, ia memberikan klarifikasi mengenai kejadian yang sempat ramai di media sosial ini.

Menurut Sutopo BNPB, perubahan warna ini bukan karena aliran pasir. Warna hitam ini tercipta dari material abu bekas kebakaran hutan yang terjadi saat kemarau sebelumnya.

Hujan di bagian hulu sungai di Air Terjun Sedudo inilah yang menghanyutkan material abu dari bekas kebakaran hutan tersebut.

Penjelasan Air Terjun Sedudo berwarna hitam. (Twitter/@Sutopo_PN)

Ditambahkan juga olehnya, warna Hitam di ari terjun ini juga hanya sesaat saja. Jika nanti seluruh abu sisa kebakaran hujan ini habis, warna kembali seperti semula.

''Berubahnya warna hitam air terjun Sedudo di Nganjuk Jawa Timur bukan aliran pasir. Tetapi material abu bekas kebakaran hutan saat kemarau sebelumnya. Hujan di bagian hulu menghanyutkan material kebakaran hutan sehingga debit air terjun berwarna hitam. Kejadian hanya sesaat.'' tulis Sutopo BNPB dalam akun Twitter @Sutopo_PN.

Itulah dia penjelasan mengenai Air Terjun Sedudo yang berubah warnanya menjadi hitam.

BACA SELANJUTNYA

Air Terjun dari Langit Bikin Geger, Netizen: Jangan Nyebar ke Grup Keluarga