Sabtu, 15 Agustus 2020
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 30 November 2018 | 20:00 WIB

Hitekno.com - Jogja Creative Expo yang diselenggarakan mulai tanggal 30 November 2018 menyuguhkan banyak acara menarik. Salah satu komunitas yang bergabung dan memeriahkan acara adalah Robotic Kidz.

Mereka menyelenggarakan NKRI Robotic Competition (NRC 2018) di Jogja Expo Center, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Terdapat 25 peserta yang sangat antusias mengikuti workshop dan perlombaan robot.

Sebagian besar peserta merupakan anak-anak SD berusia 6-12 tahun.

Penjelasan robot transport oleh panitia. (HiTekno/ Rezza Rachmanta)

Sebelum mengikuti kompetisi, anak akan dilatih merakit satu buah tipe robot. Panitia akan menilai peserta dengan desain robot dan performa robot terbaik.

Desain terbaik akan dinilai dari kemampuan anak dalam menghias robot.

Performa robot dinilai dari poin yang mereka kumpulkan ketika pertandingan final yang diadakan besok (01/12/2018).

Miniatur robot transport yang dirakit oleh salah satu peserta. (HiTekno_Rezza Rachmanta)

Mengusung tema ''Cinta Indonesia'', anak-anak akan diberi misi untuk menyelamatkan sumber daya alam Indonesia dengan menggunakan robot.

Nantinya, robot yang sudah dirakit akan dipertandingkan untuk mengumpulkan sumber daya alam seperti miniatur tambang, flora dan fauna.

Sumber daya ini nantinya akan tersebar di pulau-pulau buatan yang dibuat oleh panitia. Robot yang mengangkut sumber daya paling banyak akan mendapatkan poin tertinggi dan secara otomatis akan menjadi juara.

Sebelum bertanding, anak-anak diajari cara membuat melalui workshop yang dipimpin langsung oleh Bayu, direktur Robotic Kidz.

Workshop yang diadakan hari ini (30/11/2018) mengajari anak-anak cara membuat miniatur robot transport.

Sebelumnya, anak-anak diberi penjelasan mengenai sejarah, tipe-tipe robot dan cara membuat miniatur robot.

Dipandu oleh pengajar dari Robotic Kidz, anak-anak akan diminta merakit terminal kabel, gerigi, dinamo, remoto control, badan robot dan PCB yang disediakan oleh panitia.

''Pertandingan dan workshop ini akan mengenalkan kepada anak-anak mengenai ke-Indonesiaan.Di tengah isu yang berkembang sekarang, kita akan menyatukan anak-anak salah satunya dengan robot ini,'' kata Bayu, direktur Robotic Kidz kepada tim HiTekno.

Yafi peserta berumur 12 tahun sangat antusias mengikuti NRC 2018 di JEC. (HiTekno/ Rezza Rachmanta)

Pantauan kami, anak-anak terlihat sangat antusias meski sempat beberapa kali kesulitan dalam merakit robot. Namun dengan sabar, pengajar dari Robotic Kidz memandu anak-anak hingga berhasil merakit robot transport.

''Rasanya sangat senang ikut workshop. Aku kira dulu robot seperti Gundam, ternyata bentuknya seperti ini. Sebelumnya aku pernah ikut lomba dan menang, sekarang aku ketagihan ikut lomba robotic,'' kata Yafi siswa kelas 6 SD yang mengikuti workshop dan pertandingan NRC 2018.

Pertandingan final robot di NRC 2018 akan diadakan besok (01/11/2018) sepertinya menarik mengingat anak-anak yang masih kecil ini terlihat sangat antusias.