Sabtu, 27 April 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Rabu, 19 Desember 2018 | 17:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Pada Selasa malam (18/12/2018) pukul 21:49 WIB, warga Surabaya dikejutkan dengan amblasnya Jalan Raya Gubeng yang disebut-sebut merupakan fenomena Sinkhole. Dalam catatan sejarah, setidaknya kejadian serupa pernah terjadi di beberapa belahan dunia.

Kejadian jalan amblas ini rupanya berdampak pada padamnya aliran listrik di sekitar lokasi kejadian. Dilansir dari Suara.com, sinkhole yang terjadi di Jalan Gubeng Surabaya ini berdiameter 20 meter dengan lebar sekitar 10 meter.

Walaupun belum ada yang bisa memastikan persis penyebab terjadinya kejadian ini. Namun Sutopo Purwo Nugroho selaku Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB dalam akun Twitter-nya menyampaikan pendapatnya mengenai kejadian ini.

Menurutnya, amblasnya tanah di Jalan Raya Gubeng Surabaya ini bisa saja disebabkan oleh kesalahan konstruksi yang membuat dinding penahan jalan tidak mampu menahan beban. Selain itu musim hujan juga menjadi salah satu penyebab hal ini terjadi.

Sinkhole Surabaya. (twitter/Sutopo_PN)

Namun, untuk sebagian orang, fenomena ini tetap saja disebut sebagai sinkhole. Sinkhole merupakan kondisi di mana terciptanya lubang besar yang dalam.

Sinkhole dapat terjadi karena proses alami dan saat sub-permukaan batuan atau tanah menjadi larut dan membuat rongga di bawah tanah.

Kandungan batu gamping yang berada di lokasi ini bisa saja menjadi penyebab utama kemunculan sinkhole ini. Fenomena satu ini biasanya akan muncul secara tidak terprediksi dan siap menelan apa saja di atasnya.

Sambil menunggu penjelasan para ahli mengenai fenomena sinkhole ini, berikut deretan sinkhole misterius yang pernah muncul di dunia.

1. Fukuoka, Jepang

Sinkhole di Fukuoka. (ABC)

Pada tahun 2016 lalu, warga Stasiun JR Hakata yang terletak di Kota Fukuoka, Jepang dikejutkan dengan kemunculan sebuah sinkhole di pagi hari.

Lubang besar yang misterius ini memiliki panjang 30 meter, lebar 27 meter, dan kedalaman 15 meter.

Sebelum kemunculan sinkhole, warga sekitar mendengar suara menggemparkan yang kemudian menciptakan sinkhole besar di jalan pusat yang berada di tengah kota Jepang ini.

2. Solikamsk, Rusia

Sinkhole di Solikamsk. (rferl)

Para warga Solikamsk dikejutkan dengan munculnya sinkhole berukuran 20 meter yang membesar menjadi 120 meter dengan kedalaman 80 meter.

Menurut para peneliti, hal ini terjadi karena adanya tambang di Solikamsk yang digali sangat dalam dan ditinggalkan begitu saja.

Banyak yang percaya jika, hal ini terbentuk karena gempa yang terjadi sebelumnya dan membuat tanah di bagian atas tambang tidak lagi kuat dan kemudian membentuk sinkhole yang terus membesar.

3. Laut Mati, Israel

Sinkhole Laut Mati. (Wikipedia/tinmoi)

Di Laut Mati, Israel, kamu tidak hanya menemukan satu sinkhole. Daerah ini memiliki banyak sinkhole yang muncul secara tiba-tiba dan random.

Jika dijumlahkan, sinkhole di Laut Mati sudah berjumlah ratusan dengan sinkhole terbesar berukuran 40 meter dan memiliki kedalaman 25 meter.

Menurut para peneliti, rendahnya kapasitas air dan eksploitasi tambang, menjadi penyebab daerah ini mengalami erosi yang memicu terjadinya sinkhole.

Banyak prediksi yang muncul mengenai beberapa lubang kecil yang letaknya berdekatan. Peneliti mengira jika lubang-lubang tersebut pada akhirnya akan membentuk sinkhole raksasa.

4. Berezniki, Rusia

Sinkhole Berezniki. (Wikipedia/Valery Staricov)

Masih dari Rusia, fenomena sinkhole yang sama terjadi di kota Berezniki. Keduanya juga terjadi karena aktivitas penambangan di sekitar daerah tersebut.

Sebelumnya, sinkhole di kota ini sama dengan di Laut Mati. Sebelum membentuk sinkhole besar, terdapat beberapa sinkhole kecil.

Walaupun sudah dilakukan berbagai perbaikan, sinkhole ini terus melebar secara misterius.

5. Guatemala

Sinkhole Guatemala. (Gizmodo/Gobierno de Guatemala.)

Tahun 2007, warga Guatemala dikejutkan dengan sebuah sinkhole yang muncul secara tiba-tiba di tengah kota. Sinkhole ini berukuran lebar sekitar 100 meter dengan kedalaman yang hingga kini masih belum bisa diprediksi.

Tahun 2010, sebuah sinkhole kembali muncul dari sudut kota secara tiba-tiba dengan lebar 20 meter.

Peneliti menduga jika sinkhole yang terjadi di daerah ini karena kota ini dibangun di area yang berdekatan dengan gunung berapi. Selain itu, curah hujan tinggi juga menjadi salah satu faktor penyebab.

Hingga kini, penduduk Guatemala hidup dalam was-was, jika suatu hari nanti sinkhole serupa bisa terjadi.

6. Sukabumi, Indonesia

Sinkhole di Sukabumi. (Suara.com/Rambiga)

Baru-baru ini warga Kampung Cipetir Legoknyenang, Desa Sukamaju, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dibuat heboh dengan kemunculan lubang misterius atau sinkhole.

Sinkhole ini muncul secara tiba-tiba di sawah milik Cece Sudirman pada Kamis (06/09/2018), setelah terdengar gemuruh besar.

Pada awalnya, sinkhole ini berdiameter 3 meter dan perlahan membesar hingga 6 meter dengan kedalaman 10 meter.

Itu tadi deretan sinkhole misterius yang pernah terjadi di dunia selain di Gubeng Surabaya. Kita doakan agar fenomena sinkhole atau lubang besar misterius di Surabaya tidak lagi terjadi ya.

BACA SELANJUTNYA

Lihat Penangkapan Buaya Jumbo di Surabaya Sebelum Tahun 1880, Netizen: Pawang Pemberani!