Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Kamis, 20 Desember 2018 | 17:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Jamur Cordyceps merupakan salah satu tipe jamur dengan 400 spesies. Jamur ini menggunakan tubuh makhluk lain untuk menjadi inang atau tempatnya bernaung. Penelitian menemukan bahwa jamur ini mampu mengubah serangga menjadi zombie lho.

Jenis jamur Cordyceps ini biasanya hidup dalam semak hutan tropis dunia. Jamur ini biasanya menyerang para serangga terutama semut.

Secara perlahan, jamur Cordyceps mampu mengambil alih sistem saraf dan otak si semut dan merubahnya menjadi zombie.

Menggunakan tubuh semut untuk menopang hidupnya bertujuan untuk melengkapi siklus hidup jamur ini. Jaringan tubuh dari semut yang terinfeksi jamur ini akan dimakan dan digantikan oleh organ-organ tubuh dari jamur tersebut.

Otak semut akan diserang dari dalam hingga rusak. Hal ini lalu yang membuat semut bereaksi layaknya zombie.

Jamur Cordyceps. (Wikipedia/David P. Hughes)

Semut yang diserang otaknya ini akan naik ke atas batang atau tumbuhan lainnya dan berusaha mencari sinar matahari yang bersinar paling terang.

Secara perlahan-lahan, semut yang berjalan tertatih-tatih ini akan merangkak naik dan berhenti bergerak sebelum kemudian mati secara perlahan.

Beberapa jam setelah hewan ini mati, kepalanya langsung akan ditempati oleh jamur Cordyceps dengan cara menembus tengkoraknya dari dalam tubuh si semut.

Jamur Cordyceps ini akan terus tumbuh panjang hingga membentuk batang lidi hingga suatu hari ujung jamurnya akan pecah dan menebarkan spora-sporanya.

Spora-spora yang menyebar ini akan menyerang semut atau bahkan serangga lainnya yang berada di sekitar lokasi kejadian.

Namun, belajar dari kejadian yang menimpa semut lainnya, para semut biasanya akan berjaga-jaga seandainya kejadian serupa kembali terjadi.

Jamur Cordyceps. (Wikipedia/David P. Hughes)

Biasanya para semut penjaga akan memperhatikan tingkah semut zombie ini dan mengangkutnya untuk dibuang jauh terpisah dari koloni semut yang lain.

Mengenai apakah jamur Cordyceps ini mampu terkena manusia, masih belum diketahui. Pasalnya, bagaimana jamur dapat menjangkit manusia masih sangat mustahil karena memiliki sifat yang berbeda dari virus. Hal ini diungkap oleh Dr. Hughes dalam penelitiannya.

Walaupun begitu, pendapat mengenai jamur Cordyceps dapat menjangkit manusia ini masih menjadi perdebatan serius.

Pasalnya Anthrax yang berasal dari jamur juga sangat berbahaya ternyata juga menyerang manusia dan belum ada obat untuk menanganinya.

Mengenai keganasan jamur Cordyceps yang menyerang serangga dan semut memang cukup menyeramkan dan menjadi teror untuk bangsa hewan tersebut. Bisa bayangkan jika hal serupa terjadi pada manusia?

BACA SELANJUTNYA

Kaget Laptop Jadi Sarang Semut, Sampai Masuk ke Layar LCD Begini