Jum'at, 19 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Rabu, 16 Januari 2019 | 14:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Hotel Henna-na di Pulau Kyushu Jepang ini dikenal unik karena memiliki staf yang hampir 90 persennya merupakan robot.

Mulai dari resepsionis, porter, hingga pelayan, semuanya merupakan robot pintar yang sudah dilengkapi dengan artificial intelligence dan dapat berinteraksi denganmu.

Namun nyatanya hotel Henna-na ini mengalami kesulitan memperkerjakan robot-robotnya.

Diketahui hingga kini pihak hotel tersebut memberhentikan setengah dari 243 robot yang ia miliki di hotel.

Menurut pihak hotel Henna-na, bukannya membantu pekerjaan manusia namun robot-robot tersebut menciptakan lebih banyak masalah.

Seperti yang dilaporkan The Wall Street Journal dan dikutip di laman The Verge, layanan yang diberhentikan adalah boneka yang ada di setiap kamaer hotel yang diberi mana Churi.

Boneka Churi ini awalnya digunakan untuk tamu hotel mempertanyakan banyak hal seperti Siri, Google Assistant dan Alexa. Namun Chuiri tak bisa menjawab pertanyaan sederhana tamu seperti ''jam berapa taman buka?'' atau yang lainnya.

Dua robot Velociraptor yang diposisikan pada saat check ini juga dinonaktifkan karena pekerjaan mereka harusnya dilakukan manusia seperti memfotokopi paspor tamu secara manual.

Hotel Henn-na. (trvl-media)

Begitupun dengan robot pembawa bagasi yang hanya bisa mencapai 24 dari 100 kamar hotel dan sering gagal dalam hujan ataupun salju.

Selain itu, robot concierge utama hotel juga tidak tahu bagaimana menjawab pertanyaan tentang jadwal penerbangan dan tempat-tempat wisata terdekat pada tamu

Sejak kejadian tersebut, hotel memilih robot tersebut digantikan dengan manusia.

Meski sudah beroperasi lama, tapi pihak hotel merasa akan memecat mereka daripada menggantinya dengan robot baru.

Hingga kini pekerjaan robot di hotel tersebut digantikan oleh manusia.

Pihak Hotel Henna-na sendiri mengakui bahwa hotelnya tersebut masih jauh dari kata hotel yang sepenuhnya bekerja dengan otomatis karena adanya robot.

BACA SELANJUTNYA

Mau Manggung di Jakarta September Nanti, Ini Fakta Unik tentang ONE OK ROCK