Kamis, 01 Oktober 2020
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 25 Januari 2019 | 09:30 WIB

Hitekno.com - Pekan lalu, tepatnya pada hari Jumat (18/01/2019), nelayan asal South Carolina kaget bukan kepalang. Bagaimana tidak, ia secara tak sengaja memancing hiu putih atau dikenal sebagai great white shark berukuran sangat besar.

Kapten kapal nelayan South Carolina, Chip Michalove dan timnya sangat yakin bahwa ini merupakan hiu putih jantan terbesar yang pernah ditandai di Samudra Atlantik.

Timnya sebelum itu pernah mengait enam ikan hiu dan menandai empat di antaranya sebelum melepaskan mereka semua kembali ke laut.

Michalove yang juga sebagai pemilik dan kapten kapal sewaan Outcast Sport Fishing, mengaku bahwa menghadapi hiu raksasa bukan perkara mudah.

Pasalnya, hiu putih itu diperkirakan memiliki berat sekitar 2.600 pon atau sekitar 1.179 kilogram.

Penampakan ikan hiu raksasa. (Facebook/ Outcast Sport Fishing)

Tak hanya itu, setelah diukur, hiu raksasa ternyata memiliki panjang lebih dari 15 kaki atau sekitar 4,6 meter.

''Ini ikan yang sangat besar. Rasanya seperti mengaitkan gajah dan mengeremnya. Aku belum melihat hiu putih besar jantan sebesar ini sebelumnya,'' kata Michalove dikutip dari Fox Sport.

Michalove sepertinya memang punya daya tarik besar bagi hiu. Sebelumnya, tepatnya pada Desember 2018, ia juga pernah mengaitkan hiu putih betina dengan berat 3.500 pon atau sekitar 1.587 kilogram.

Penemuan ikan hiu raksasa oleh Michalove akan sangat berguna bagi peneliti.

Penanandaan hiu raksasa oleh Michalove mempermudah pekerjaan para peneliti yang tergabung di Atlantic Shark Institute dan Atlantic White Shark Conservancy.

Hiu lainnya juga pernah menghampiri Michalove dengan berat hampir 700 kilogram. (Facebook/ Outcast Sport Fishing)

Para peneliti dapat melacak dan mengamati pola migrasi hiu.

Hiu putih atau dikenal sebagai hiu putih besar (Carcharodon carcharias) adalah spesies hiu makarel yang dapat ditemukan di sebagian besar samudra di dunia.

Peneliti memperkirakan bahwa hiu putih dapat hidup hingga 70 tahun. Hiu putih dapat berenang dengan kecepatan lebih dari 56 km/jam.

Mereka juga dapat berenang dengan kedalaman 1.200 meter sehingga terkenal sebagai pemburu ulung.

Hiu raksasa ini hanya mempunyai satu predator alami di laut yaitu paus pembunuh yang sangat jarang keberadaannya.