Rabu, 24 April 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 28 Januari 2019 | 21:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Perubahan iklim kian terasa di berbagai belahan dunia, terutama di wilayah Arktik atau Kutub Utara. Peneliti menemukan sekumpulan tumbuhan kuno di lapisan es yang dapat memperlihatkan bahwa suhu Arktik tidak pernah sepanas ini sebelumnya.

Bahkan, dalam penanggalan radiokarbon, peneliti menemukan bahwa suhu Arktik tidak pernah sepanas ini dalam kurun waktu 115 ribu tahun.

Lumut yang belum pernah melihat cahaya dalam setidaknya 40 ribu tahun kini ditemukan.

Itu berarti lapisan es dari Pulau Baffin di Kanada semakin menipis karena menghangatnya suhu global.

Pulau Baffin terkenal sangat luas dan masuk dalam lingkaran wilayah Kutub Utara. Pulau ini dikenal sebagai pulau terbesar kelima di dunia.

Meski terbesar, pulau ini hanya dihuni oleh belasan ribu penduduk saja. Itu dikarenakan Pulau Baffin sebagian besar dilapisi oleh es dan mempunyai suhu yang sangat dingin.

Bahkan beberapa sudut pulau bisa menyentuh suhu -9.5 derajat Celcius. Penelitian bahwa suhu Arktik memanas ini telah dipublikasikan di jurnal Nature Communication pada hari Jumat, 25 Januari 2019.

Para peneliti menemukan bahwa musim panas Kutub Utara belum pernah mencapai setinggi ini dalam kurun waktu 115 ribu tahun atau bahkan lebih.

Lumut kuno yang terawetkan lebih dari 40 ribu tahun. ( University of Colorado Boulder/ Gifford Miller)

Selama berabad-abad, es telah menempel di dataran tinggi dan dinding Pulau Baffin.

Di beberapa musim panas, akan ada pencairan di beberapa tempat, tetapi secara umum, suhu yang rendah dan salju tebal akan membuat semuanya tetap seimbang.

Sekarang, perubahan iklim telah mengacaukan keseimbangan itu, menyebabkan Kutub Utara atau Arktik memanas dua kali lipat kecepatannya dari seluruh dunia.

Itu menyebabkan lebih banyak tempat yang mencair dan mengekspos lumut yang terawetkan di bawah permukaan selama puluhan ribu tahun.

''Studi ini menunjukkan bahwa, wow, kami mengekspos bentang alam yang berusia 120 ribu tahun. Abad yang menghangat ini kemungkinan lebih besar daripada abad mana pun dalam 120 ribu tahun terakhir,'' kata Simon Pendleton, peneliti dari Institute of Arctic and Alpine Research dikutip dari Gizmodo.

Untuk mencapai kesimpulan itu, Pendleton dan peneliti dari University of Colorado mengumpulkan sampel setidaknya 30 lapisan es.

Kemudian para peneliti melakukan penanggalan radiokarbon untuk menentukan usia mereka.

Lapisan es di Pulau Baffin semakin menyusut. (Wikipedia/ NASA)

Hasilnya tanaman kuno atau lumut yang tersembunyi di lapisan es ternyata telah tertutup selama 40 ribu tahun.

Dengan referensi silang dan penelitian lanskap kuno yang tersingkap dari selubung es yang semakin surut, peneliti menemukan kesimpulan lain.

Peneliti mengungkapkan bahwa musim panas di Kutub Utara pada abad modern ternyata lebih panas daripada suhu di rentang 115 ribu hingga 120 ribu tahun lalu.

Bahkan dengan mata telanjang, menghangatnya Kutub Utara dan Pulau Baffin membuat pulau tersebut bisa ditinggali oleh lebih banyak manusia.

Bahkan diperkirakan Baffin akan menjadi negara bagian Kanada selanjutnya yang dapat dihuni lebih dari puluhan ribu manusia.

Dengan adanya penelitian mengenai suhu Arktik ini, banyak ilmuwan berharap banyak negara untuk memperhatikan dampak perubahan iklim dan memperlambatnya. Sampai kapan es bertahan di Kutub Utara ini?

BACA SELANJUTNYA

Pertama di Dunia, Ilmuwan Berhasil Ciptakan Transistor dari Kayu