Sabtu, 24 Agustus 2019
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Selasa, 12 Februari 2019 | 16:00 WIB

Hitekno.com - Untuk kamu penikmat kopi, menjalani hari tanpa secangkir minuman ini rasanya kurang cukup. Entah apa yang dikandung di dalam kopi sehingga terkadang mampu mempengaruhi suasana hati seseorang. Jika kamu masih bertanya-tanya mengenai hal ini, rupanya penelitian ini punya penjelasan ilmiahnya.

Biasanya yang sudah terbiasa dengan kopi, suasana hatimu akan terasa kacau tanpa mengkonsumsi kopi. Rasa sensi, badmood, hingga susah berkonsentrasi bisa saja kamu rasakan karena hal ini.

Kalau sudah begini, kamu fix butuh banget kopi favoritmu. Entah dibuat es atau panas, yang penting kamu bisa mengkonsumsi kopi.

Tenang, ini bukan kelainan atau sesuatu yang aneh. Penelitian ini buktikan bahwa hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar dialami. Kok bisa ya?

Ilustrasi kopi. (pixabay/fancycrave1)

Dilansir dari Business Insider, penelitian pada April 2018 yang diterbitkan Journal of Psychopharmacology berhasil menemukan bahwa seseorang yang meminum kopi akan dibuat tetap fokus dan merasa lebih baik.

Penelitian ini juga menemukan bahwa ketika seseorang meminum secangkir kopi saat menjalani kegiatan, akan sangat lancar dan baik untuk melakukan diskusi dan obrolan.

Sebuah penelitian lain yang dilakukan oleh Unnava dari University of California mengungkap hal lainnya mengenai efek kopi untuk suasana hati seseorang.

Studi penelitian ini melibatkan 134 mahasiswa untuk berkelompok dan mendiskusikan gerakan Occupy Wall Street selama 15 menit. Sebelumnya, beberapa peserta diminta untuk meminum kopi berkafein terlebih dahulu.

Ilustrasi kopi. (pixabay/acekreations)

Hasilnya, peserta yang meminum kopi terlebih dahulu ini memiliki fokus yang lebih baik pada setiap topik jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi kopi.

Sayangnya, tidak dijelaskan betul mengapa kopi begitu mempengaruhi suasana hati seseorang. Namun, kemungkinan besar, hal ini disebabkan oleh pengaruh kafein pada kopi.

Zat tersebut membuat seseorang menjadi lebih waspada dan fokus pada setiap topik dan tugas yang ada.

Ke depannya, bagaimana kopi begitu mempengaruhi suasana hati seseorang memang masih dalam tahap penelitian. Para peneliti juga masih terus mencoba untuk mencari tahu hal apa yang mempengaruhi ini. Kira-kira karena apa lagi ya?