Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 13 Maret 2019 | 11:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Badan antariksa Amerika Serikat (NASA), pernah sukses mengirimkan robot ke planet Mars. Target selanjutnya, NASA ingin mengirimkan manusia pertama ke planet merah tersebut.

Menariknya, kemungkinan manusia pertama yang menginjakkan kakinya di planet mars adalah seorang perempuan. Hal ini diungkapkan sendiri oleh pemimpin NASA, Jim Bridenstine.

Berbicara dalam sebuah acara radio bertajuk Science Friday baru-baru ini, Jim Bridenstine mengungkapkan bahwa "sangat mungkin" perempuan akan menjadi yang manusia pertama menjejakkan kaki di Planet Mars.

Ia tak merinci siapa astronot perempuan yang akan pergi ke Mars. Meski demikian ia menekankan bahwa perempuan berada di barisan depan dalam rencana-rencana masa depan Nassa.

Tak hanya itu, ia juga mengungkapkan bahwa manusia berikutnya yang akan dikirim NASA ke Bulan kemungkinan besar adalah perempuan. Rencananya NASA akan kembali mengirim manusia ke Bulan pada 2028 mendatang.

Astronot saat berada di luar ISS. (NASA)

''Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa NASA memiliki bakat-bakat dari latar belakang beragam dan kami ingin mengirim perempuan pertama ke Bulan,'' kata Jim Bridenstine seperti dilansir CNN.

Dalam waktu dekat, NASA berencana mengutus dua astronot perempuan untuk melakukan spacewalk pada akhir Maret 2019.

Anne McClain dan Christina Koch, yang kini bertugas di stasiun antariksa internasional (ISS) akan selama tujuh jam melayang di luar angkasa pada 29 Maret nanti.

McClain dan Koch adalah alumni kelas astronot angkatan 2013, yang separuhnya adalah perempuan. NASA pertama kali menerima astronot perempuan pada 1978 dan kini 34 persen astronot NASA adalah perempuan.

Siapa manusia pertama yang akan menginjakkan kakinya di planet Mars nantinya? Apakah kedua astronot perempuan NASA ini? (Suara.com/ Liberty Jemadu)

BACA SELANJUTNYA

Honkai Impact 3 Siap Rilis Update v7.2 Sayap Menuju Mars