Jum'at, 19 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Sabtu, 23 Maret 2019 | 16:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Pada hari Kamis (22/03/2019) National Weather Service mengeluarkan sebuah perkiraan yang membuat banyak orang terkejut. Bagian Midwest Amerika Serikat, diperkirakan mengalami cuaca buruk hingga Mei 2019 sehingga berpotensi banjir besar.

Midwest merupakan julukan daerah Amerika Serikat yang menaungi 12 negara bagian. Itu berarti puluhan juta warga yang menempati wilayah tersebut terancam terkena dampak banjir.

Laporan tersebut diperkuat dengan himbauan dari NOAA (National Oceanic and Atmospheric Administration), lembaga resmi pemerintah Amerika Serikat yang berfokus menangani iklim dan cuaca.

Lebih besar, NOAA baru saja menerbitkan sebuah peta yang mengungkapkan bahwa 25 negara bagian AS bisa terkena dampak banjir berbagai tipe.

Banjir dari tipe ringan hingga tipe besar yang bisa merusak bangunan dan menelan korban jiwa dapat menghantui warga AS.

Daerah Amerika Serikat yang berpotensi terkena banjir. (NOAA)

Hampir setiap daerah yang dilalui sungai Mississippi, Red River of the North, Great Lake, Sungai Missouri timur, Ohio bagian bawah, Cumberland bagian bawah, dan cekungan Sungai Tennessee dapat terkena banjir besar.

Banjir di seluruh Midwest telah menyebabkan kerusakan senilai 3 miliar dolar AS atau Rp 42,4 triliun.

Para pakar dan peneliti memperkirakan total kerugian akan semakin bertambah seiring dengan meluasnya banjir.

Bencana ini disebabkan karena banyaknya salju yang sangat lebat di Midwest karena musim dingin.

Kategori banjir berdasarkan warna. (NOAA)

Dikombinasikan dengan datangnya musim semi yang lebih basah dari biasanya, membuat musibah banjir ini tak bisa dihindari.

Kelembapan tanah di sebagian besar Amerika Serikat bagian timur berada di atas persentil ke-99, yang secara harfiah di luar batas grafik yang normal.

''Ini menjadi potensi musim banjir yang belum pernah terjadi sebelumnya, dengan lebih dari 200 juta orang terancam banjir di komunitas mereka,'' kata Ed Clark, direktur NOAA Water Center.

Angka sebesar itu berarti mewakili 60 persen dari total penduduk Amerika Serikat.

Salah satu yang terbesar terjadi di Nebraska, di mana tangggul pelindung banjir tak mampu mengatasi ketinggian air. Hampir setiap tanggul di Sungai Missouri antara Omaha dan Kansas City telah jebol oleh banjir.

''Saya kira belum pernah ada bencana seluas ini di Nebraska," kata Gubernur Nebraska, Pete Ricketts dikutip dari Grist.

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, telah menyetujui bencana Nebraska menjadi bencana federal untuk memudahkan penanganan.

Bahkan salah satu negara bagian, Iowa, juga akan mendapatkan status serupa setelah banjir besar menimpa daerah tersebut.

Atas banjir besar yang berpotensi meluas, berbagai badan penanggulangan bencana dana aparat di Amerika Serikat sudah berkoordinasi untuk mengatasi skenario terburuk.

BACA SELANJUTNYA

AS Disinyalir akan Musnahkan Fasilitas Produksi TSMC Jika China Injakkan Kaki di Taiwan