Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 26 Maret 2019 | 18:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebuah kerangka dinosaurus T-rex ( Tyrannosaurus rex) yang ditemukan hampir 30 tahun lalu, kini dinobatkan sebagai T-rex terbesar di dunia.

Penelitian terbaru yang dipublikasikan di jurnal The Anatomical Record pada hari Kamis (21/03/2019), mengonfirmasi bahwa dinosaurus ini lebih besar dari perkiraan ilmuwan sebelumnya.

Ahli paleontologi sekaligus pemimpin penelitian yang bernama Scott Persons dari University of Alberta berhasil menguak ukuran sebenarnya dari fosil yang dinamakan ''Scotty''.

Sebelumnya ia meneliti fosil Scotty, kerangka dinosaurus T-rex yang dikenal sebagai spesimen RSM P2523.8 sebagai salah satu T-rex terbesar.

Namun setelah diteliti lebih lanjut, ukuran sebenarnya ternyata lebih besar daripada dugaan ilmuwan yang pernah melakukan penelitian sebelumnya.

Scotty ditemukan di dekat Eastend, Saskatchewan, Kanada bagian barat pada tahun 1991.

Ilmuwan butuh waktu beberapa tahun untuk benar-benar mengangkatnya ke atas karena fosil terbungkus dalam batu pasir yang padat seperti semen.

Scotty saat dipamerkan di Royal Saskatchewan Museum. (Research Casting International)

Baru pada tahun 1994, fosil Scotty dapat diteliti dan dipamerkan ke publik.

Akhirnya, ilmuwan berhasil memulihkan sekitar 65 persen bagian tubuh dari spesimen T.rex yang dipercaya menghantui Kanada pada Zaman Kapur, 66 juta tahun lalu.

''Studi sekarang ini adalah yang pertama menawarkan pengukuran kerangka yang terperinci dan akurat, termasuk analisis komparatif dengan T. rex yang lain, '' kata Persons dikutip dari Gizmodo.

Tulang Scotty mempunyai berat 19.555 pon atau 8.870 kilogram, sehingga menjadikannya sebagai raja T-rex terbesar yang pernah dikenal manusia.

Dengan panjang 13 meter, Scotty mungkin bukan T-rex tertinggi atau terpanjang yang pernah hidup, tetapi ia sangat besar terkait massa tubuhnya.

Susunan gigi Scotty. (Facebook/ Royal Saskatchewan Museum)

Beberapa spesies dinosaurus memang ada yang lebih besar dari Scotty.

Spesies Theropoda seperti Spinosaurus aegyptiacus, Giganotosaurus carolinii, dan Tyrannotitan chubutensis, mungkin lebih besar dari T-rex, namun pastinya mereka tidak bisa mengalahkan ketangguhan sang predator.

Di kelas T-rex, Scotty merupakan yang terbesar, dan sepatutnya ia juga ditakuti oleh dinosaurus lainnya.

Penelitian mengenai T-rex terbesar di dunia ini sangat berguna mengingat ilmuwan dapat memperkirakan ukuran maksimum yang dapat dicapai oleh predator dinosaurus.

BACA SELANJUTNYA

Ilmuwan Temukan Objek Terpanas di Alam Semesta, Bukan Matahari apalagi Planet