Kamis, 02 Mei 2024
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Sabtu, 30 Maret 2019 | 16:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Semua orang menyukai hewan super, baik itu super mini maupun super besar dengan ukuran yang tidak biasa. Spesies katak baru yang ditemukan oleh ilmuwan di Madagaskar ini sangat menarik dan bahkan bikin ketawa ngakak.

Bagaimana tidak, ukuran mereka super mini dan hanya berukuran sebesar kuku orang dewasa.

Bahkan dari lima spesies katak baru yang ditemukan, tiga dari mereka membentuk genus baru yang membuat orang tertawa, genus dengan nama Mini.

Spesies katak baru terbesar yang ditemukan berukuran hanya 14 milimeter (1,4 cm) dan yang terkecil berukuran 8 milimeter (0,8 cm).

Ilmuwan yang yang menemukannya pasti juga memiliki rasa humor yang tinggi. Penelitian ini telah dipublikasikan di jurnal PLOS One pada 27 Maret 2019.

Deretan spesies katak baru yang ditemukan di hutan Madgaskar. (Jurnal PLOS One)

Ketiga spesies katak yang ditemukan diberi nama Mini mum, Mini scule, dan Mini ature, mudah diingat dan diucapkan bukan?

Andai saja semua ilmuwan seperti ini maka pelajaran Biologi pasti akan sangat menyenangkan dan bahkan bisa membuat tertawa.

''Kami sama terkejutnya dengan kalian. Kami mencari semua database yang dapat kami temukan, dan tampaknya tidak ada nama seperti spesies ini sebelumnya. Dari sana, permainan kata-kata kami berikan pada mereka,'' kata Mark Scherz seorang ahli biologi dan penulis utama penelitian.

Katak terkecil yang diberi nama Mini mum, memiliki ukuran antara 8 mm dan 11 mm. Ukurannya sedikit lebih panjang dari sebutir beras.

Spesies katak baru. (Twitter/ MarkScherz)

Katak terbesar dari katak super mini ini dinamakan Mini ature, katak berukuran 14 mm dengan panjang seperti kuku orang dewasa.

Dikutip dari IFLScience, Madgaskar adalah rumah bagi sekitar 350 spesies katak, dan banyak dari mereka telah berevolusi secara mandiri menjadi kecil.

Scherz bahwa mereka sangat tertarik mengembangkan penelitian di Asia Tenggara dan Amerika Selatan.

Di dua daerah tersebut, katak kecil dapat berevolusi terus menerus.

Perbandingan ukuran katak yang masih satu famili dengan katak lainnya. (Twitter/ MarkScherz)

Rekor katak terkecil masih dipegang oleh Paedophryne amauensis, katak dari Papua Nugini dengan ukuran 7,7 mm.

Meski belum sempat mengalahkan rekor, namun spesies katak baru ini sepertinya mampu diingat karena hewan tersebut memiliki nama unik.

BACA SELANJUTNYA

Deretan Penyakit yang Rentan Menyerang Hewan Kurban, Wajib Diwaspadai