Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 27 April 2019 | 15:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - China sedang bersemangat melakukan eksplorasi luar angkasa menyaingi Amerika Serikat (AS) dan Rusia. Bahkan China ingin membangun sebuah pangkalan di Bulan.

Sebelumnya badan antariksa China, CSNA juga telah berhasil mendaratkan Chang'e 4 di Bulan. Bukan sekadar mendarat, namun untuk melakukan berbagai macam penelitian.

Chang'e 4 juga memecahkan rekor pendaratan di sisi terjauh Bulan dari Bumi. Capaian yang belum dilakukan negara lain, termasuk AS.

Setelah kesuksesan tersebut, Negeri Tirai Bambu ini ingin pencapaian yang lebih tinggi. Salah satunya dengan rencana pangkalan di Bulan.

Dikabarkan Metro.co.uk, Zhang Kejian dari CSNA mengungkapkan rencana China untuk membangun pangkalan di Bulan dalam 10 tahun mendatang.

Chang'e 4 and Yutu 2 saling memotret satu sama lain. (CNSA/CLEP).

Ia menyinggung rencana ini ketika mengumumkan rencana China untuk melakukan explorasi Mars pada 2020 mendatang. Di sana ia menyinggung pembangunan pangkalan di Bulan.

Memang belum diungkap detail dari rencananya ini. Namun Zhang Kejian mengungkapkan pangkalan ini sebagai stasiun penelitian China di Bulan.

Rencananya, China akan membangun pangkalan tersebut di kutub Selatan Bulan. Dan tidak ada detail lebih lanjut dari rencananya ini.

Langkah China ini berbeda dengan negara-negara lain. Ketika AS, Rusia dan Uni Eropa bekerja sama, China memilih sendirian dalam eksplorasi luar angkasa.

Kita tunggu saja seperti apa rencana China untuk membangun pangkalan di Bulan dan rencana eksplorasi lainnya di luar angkasa.

BACA SELANJUTNYA

Stabil Usai Dihajar Sanksi AS, Industri Chip China Malah Terancam Terpukul oleh Hukuman Jepang