Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Minggu, 05 Mei 2019 | 20:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebuah makam kuno di Mesir ditemukan dengan lukisan cantik warna-warni di dalamnya. Temuan makam berusia 4.000 tahun ini membuat takjub para arkeolog saat melihat isinya.

Para arkeolog menduga jika makam kuno tersebut adalah makam seorang bangsawan yang sudah terkubur ribuan tahun lamanya.

Dilansir dari Artnet News, makam tersebut berisi berbagai lukisan warna-warni, relief, hingga prasasti yang hingga kini begitu terawat dengan baik.

Pertama kali ditemukan, berbagai lukisan ini tidak nampak seperti berasal dari 4.000 tahun yang lalu, Lukisan warna-warni ini justru terlihat seperti baru.

Makam kuno ini ditemukan di Saqqara, selatan Kairo dan diduga berasal dari Dinasti Kelima yang memerintah selama 150 tahun dari awal abad ke 25 SM.

Makam kuno dengan lukisan warna-warni. (twitter/AntiquitiesOf)

Beberapa data yang ada di sekitar daerah tersebut menyebut jika makam kuno ini milik seorang bangsawan yang bernama Khuwy.

Khuwy merupakan salah satu bangsawan yang pernah hidup di dinasti tersebut. Jasad mumi Khuwy dapat ditemukan tepat di samping pecahan guci kanopi yang digunakan untuk mengawetkan organ tubuh mayat.

Secara interior, seluruh bagian makam terbuat dari kapur putih yang bagian dalamnya dihiasi dengan lukisan dan tulisan yang dibuat menggunakan warna khas kerajaan.

Menteri Purbakala Mesir menyebutkan jika beberapa karya seni yang ada di makam kuno ini dibuat dari resin khusus dan minyak yang biasanya digunakan dalam proses penguburan.

Makam kuno dengan lukisan warna-warni. (twitter/AntiquitiesOf)

Selain menemukan berbagai lukisan warna-warni, penemuan ini sekaligus menjelaskan mengenai bagaimana Khuwy memiliki hubungan dengan Djedkare Isesi, Firaun kedua yang memerintah pada Dinasti Kelima.

Hal ini semakin dibuktikan dengan bagian dinding utara di makam Khuwy yang serupa dengan desain piramida yang dibangun selama Dinasti Kelima.

Sama seperti beberapa penemuan sebelumnya, penemuan makam kuno dengan lukisan warna-warni ini dipastikan akan memberikan penjelasan lainnya terkait sejarah-sejarah yang terkubur di Mesir.

BACA SELANJUTNYA

Canggih, Mesir Kini Siap Bikin Reaktor Nuklir Baru, Produksi Skala Penuh Capai 4,8 GW