Sabtu, 20 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Selasa, 14 Mei 2019 | 06:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Baru-baru ini para ilmuwan Austria menemukan fosil empat monster laut seukuran mobil sedang berada di lereng bebatuan Pegunungan Alpen

Sekilas, monster laut ini terlihat mirip buaya yang memiliki panjang mencapai empat meter. Jenis ini dikenal sebagai phytosaurus. Usai dilakukan penelitian, para ilmuwan percaya jika usia phytosaurus ini baru delapan tahun dan masih dalam masa pertumbuhan.

Phytosaurus sendiri merupakan reptil semiiaquatic yang bangkainya dapat ditemukan di dekat danau dan sungai air tawar.

Dilansir dari akun Twitter @ButlerLabBham yang merupakan akun salah satu ahli yang bernama Richard Butler, phytosaurus laut ini dipercaya berasal dari zaman Trias akhir yang hidup 210 juta tahun yang lalu.

Empat monster laut. (twitter/ButlerLabBham)

Lebih lanjut, profesor paleobiologi di Universitas Birmingham, Inggris ini memberi monster laut penemuannya ini dengan nama Mystriosuchus steinbergeri.

Nama ini berasa dari nama Sepp Steinberger yang merupakan anggota komunitas gua tempat ditemukannya fosil. Proses penemuan ini terjadi pada tahun 1980 silam.

Mystriusuchus steinbergeri ini merupakan gabungan antara buaya modern, gavial atau gharial si buaya pemakan ikan, dan aligator yang merupakan kerabat dekat buaya yang hidup di rawa.

Walaupun begitu, phytosaurus bukanlah kerabat dekat dari buaya moder, gavial, atau bahkan aligator, hal ini karena dua makhluk ini hidup di zaman yang berbeda.

Empat monster laut. (twitter/ButlerLabBham)

Para ilmuwan berpendapat jika hal ini terjadi sebagai bentuk dari konvergensi evolusioner yang membuat hewan yang tinggal jauh namun berevolusi agar mirip saat tinggal di lingkungan yang sama.

Fosil empat monster laut ini ditemukan dalam endapan lingkungan laut purba yang berada di puluhan mil dari garis pantai Triassic.

Seukuran mobil, butuh helikopter untuk bisa mengangkut fosil tersebut melewati gunung setinggi 2 kilometer. Sempat dipajang, fosil ini menyimpan misteri cukup lama sebelum kemudian diteliti oleh para ilmuwan.

Richard Butler menjelaskan jika penemuan mengenai empat monster laut seukuran mobil ini sangat amat langka dan sulit dipelajari. Apalagi literatur mengenai phytosaurus juga tidak terlalu banyak.

BACA SELANJUTNYA

Ilmuwan Australia Hasilkan Listrik dari Udara, Ini Resep Rahasianya