Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 22 Juni 2019 | 09:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Bos Amazon, Jeff Bezos punya ide gila yang telah diutarakannya. Ide gilanya adalah mengubah air es di Bulan menjadi bahan bakar roket. Bisakah angan-angannya ini jadi kenyataan?

Pemilik perusahaan pesawat luar angkasa Blue Origin ini menjabarkan visinya itu dalam acara KTT Luar Angkasa JFK yang diadakan di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat, belum lama ini.

Ia beranggapan, visinya itu menjadi hal yang mungkin untuk dilakukan. Terlebih dengan pengetahuan dan teknologi ciptaan manusia yang semakin berkembang.

Berpijak dari informasi yang dibawa Apollo puluhan tahun lalu yang menyebut adanya endapan es air di dasar kawah di Bulan, Bezos beranggapan manusia bisa mengolahnya menjadi propelan, bahan bakar yang bisa digunakan roket untuk menjelajahi luar angkasa lebih jauh lagi.

"Kita dapat memanen es itu dan menggunakannya untuk membuat hidrogen dan oksigen, yang merupakan propelan roket," ujar Bezos seperti dikutip dari Hindustian Times, Jumat (21/6/2019).

https://media.suara.com/pictures/653x366/2019/03/07/44252-bos-amazon-jeff-bezos.jpg

"Alasan kami memilih propelan itu adalah karena kami tahu suatu hari kami akan mengisi bahan bakar kendaraan di permukaan Bulan dari propelan yang dibuat di permukaan Bulan dari es air itu," tambah bos Amazon tersebut.

Selain itu, keyakinan Jeff Bezos juga didukung oleh hasil penelitian dari  Moon Mineralogy Mapper milik NASA yang menumpang pada pesawat ruang angkasa India Chandrayaan-1 yang saat ini mengorbit di Bulan.

Akankah ide bos Amazon ini sekadar angan-angan atau bakal jadi kenyataan? Kita nantikan saja. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

BACA SELANJUTNYA

Dapat Kritikan Investasi di Luar Angkasa, Ini Jawaban Jeff Bezos