Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Senin, 29 Juli 2019 | 19:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Warga di sebuah desa di India Timur dibuat terkejut pada Rabu (24/7/2019) lalu usai penemuan sebuah batu di tengah sawah yang muncul secara misterius. Batu ini lalu disebut-sebut sebagai benda luar angkasa.

Batu di tengah sawah ini muncul di Dusun Mahadeva, Bihar, India Timur. Bobot batu ini mencapai 13 kilogram dan memiliki sifat magnetis.

Dilansir dari Live Science, batu di tengah sawah ini ditemukan oleh warga sekitar yang melihat terbentuknya kawah kecil di tengah sawah.

Melihat ukurannya, sangat tidak mungkin jika batu ini berasal dari lemparan tangan manusia.

Usai ditemukan, batu tersebut lalu diserahkan ke Museum Bihar untuk dilakukan penelitian lebih lanjut. Selanjutnya, batu ini akan dikirimkan ke Pusat Sains Srikrishna di Bihar.

Ilustrasi meteor. (Pixabay/AlexAntropov86)

Sekilas, batu ini terlihat seperti batu biasa. Namun, jika diperhatikan, batu ini memiliki tekstur mirip meteorit dengan bagian luar yang nampak sedikit terbakar.

Diduga kuat bagian yang terbakar tersebut ditimbulkan saat meteorit masuk ke atmosfer Bumi. Namun, hal tersebut masih prediksi.

Penemuan ini akhirnya sampai ke telinga NASA. Menurut NASA, penemuan meteor merupakan hal yang sangat penting demi penelitian ke depannya.

Pasalnya, meteor membantu para ahli untuk memahami pembentukan dan evolusi tata surya.

Ilustrasi meteor. (Shutterstock)

Melihat catatan kejadian ini, di hari yang sama, Rabu (24/7/2019) sebuah cahaya layaknya bola api yang sangat terang diketahui terlihat di langit malam Ontario bagian selatan dan Quebec.

Kemungkinan besar, batu tersebut merupakan pecahan meteor tersebut yang hingga kini tidak diketahui keberadaannya.

Penemuan batu di tengah sawah yang rupanya merupakan benda luar angkasa ini akan terus dalam penelitian untuk menemukan fakta lainnya. Jadi mari dinantikan bersama ya.

BACA SELANJUTNYA

India Luncurkan Kebijakan Anti Bloatware, Ponsel Makin Bersih nan Enteng?