Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 19 Agustus 2019 | 13:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebuah komet terkenal akan penampilannya yang mencolok dengan ekor cantiknya. Namun siapa sangka ada komet yang ternyata punya bulan seperti planet.

Seorang astrofotografer berhasil menemukan sebuah bulan kecil yang mengelilingi Komet 67P/Churyumov-Gerasimenko.

Komet itu sendiri sangat terkenal sekitar lima tahun yang lalu, ketika wahana antariksa milik Badan Antariksa Eropa (ESA) yang disebut Rosetta tiba di orbit komet itu.

Penemuan bulan ini diungkap oleh astrofotografer dengan akun Twitter @landru79 ketika sedang menjelajahi arsip gambar yang dipotret Rosetta. Bulan itu kini disebut sebagai Churymoon.

Penemuan Churymoon tentu sangat menarik perhatian para astronom karena selama misinya di orbit Komet 67P/Churyumov-Gerasimenko, Rosetta belum pernah melihat objek kecil itu.

Dilansir dari phys.org, penampakan bulan ini dipotret melalui instrumen kamera OSIRIS yang tersemat pada Rosetta pada 21 Oktober 2015.

Dari gambar itu diperkirakan bahwa Churymoon memiliki diameter selebar 4 m dan membutuhkan 12 jam untuk bergerak mengitari induknya.

Bulan dari Komet 67P/Churyumov-Gerasimenko [Twitter: @landru79].

Sementara itu, jaraknya dari pusat Komet 67P/Churyumov-Gerasimenko sendiri diperkirakan mencapai 2,4 hingga 3,9 km.

Untuk saat ini, para astronom memperkirakan bahwa Churymoon merupakan serpihan puing yang dilontarkan oleh komet tadi akibat radiasi dari Matahari dan akan menjadi objek penelitian lebih lanjut.

Itulah temuan koment dengan bulan yang mencengangkan. Ternyata masih banyak misteri di luar angkasa saja. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Hyundai Siap Luncurkan Kendaraan Penjelajah Bulan di 2027