Jum'at, 10 Mei 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Senin, 16 September 2019 | 07:30 WIB

Hitekno.com - Penemuan yang dilakukan para arkeolog Israel belum lama ini cukup mengejutkan banyak orang. Para arkeolog Israel ini mengklaim telah menemukan Kota Emmaus, tempat penampakan Yesus yang disebutkan dalam Alkitab.

Dalam Alkitab dijelaskan bahwa pada saat Yesus bangkit usai disalibkan, diri-Nya menampakan diri pada dua orang murid-Nya yang sedang dalam perjalanan ke Kota Emmaus yang jauhnya sekitar tujuh mil dari Yerusalem.

Seolah terkubur oleh perkembangan zaman, Kota Emmaus lalu hanya tinggal nama sebelum kemudian para arkeolog Israel mengklaim telah menemukan kota tersebut.

Dilansir dari Daily News, Kota Emmaus ini ditemukan dalam wujud benteng kuno berusia 2.200 tahun di Kiriath-Jearim, bukit di pinggiran Abu Ghosh, desa dekat Yerusalem.

Penampakan Yesus pada dua muridnya di Kota Emmaus. (The Yorck Project (2002))

Setelah diteliti, tembok besar di benteng bernama Helenistik ini dipercaya telah dibangun pada 160 SM oleh Jenderal Seleucid yang telah mengalahkan Yehuda Makabe, pemimpin Yahudi dalam kisah Hanukkah.

Dalam jurnal Archaeology of Jerusalem and its Region, dijelaskan bahwa penemuan ini cocok dengan lokasi Kiriath-Jearim, Abu Ghosh dan jarak dari Yerusalem.

Sayangnya, masih belum dapat dipastikan secara resmi. Pasalnya, Benjamin Isaac selaku seorang profesor sejarah dari Universitas Tel Aviv menyebutkan bahwa ada dua situs lain yang diduga juga sebagai Kota Emmaus.

Kota Emmaus. (The Shhmunis Family Foundation Excavations at Kiriath-Jearim)

Hal ini dirasa benar melihat arkeologis, geografis, dan topografi daerah ini mirip dengan Kota Emmaus yang menjadi tempat penampakan Yesus.

Demi kepastiannya, penelitian masih dilakukan oleh para arkeolog Israel mengenai penemuan Kota Emmaus yang menjadi tempat penampakan Yesus ini.

BACA SELANJUTNYA

Penemuan Residu Narkotika di Makam Abad ke-14 SM, Jadi Persembahan untuk Para Dewa?