Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 30 September 2019 | 07:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Eksplorasi luar angkasa dan penjelajahan ke planet lain sedang hangat diteliti. Termasuk pemindahan manusia untuk tinggal di planet Mars menarik perhatian peneliti.

Banyak yang harus dipertimbangkan agar manusia bisa bertahan hidup di planet Mars, salah satunya adalah caraha bertahan hidup.

Diperkirakan, satu juta orang dapat bertahan hidup di Planet Merah tersebut selama setuju menanam makanan mereka sendiri dan memakan serangga.

"Kami memodelkan kebutuhan kalori dan kebutuhan lahan untuk permukiman permanen Mars yang mencapai populasi satu juta orang dan menjadi swasembada pangan dalam satu abad," tulis para peneliti dalam penelitian mereka, yang diterbitkan dalam jurnal New Space dilansir dari Metro.

Model itu menyebutkan, kebutuhan kalori dipenuhi dengan makanan yang diproduksi secara lokal di planet Mars dikombinasikan dengan impor dari Bumi.

Produksi dan distribusi makanan kemungkinan akan membentuk bagian penting dari pertumbuhan ekonomi Mars, dengan input dari industri tradisional (bioteknologi, robot, pertanian) dan yang baru.

Sementara itu, penelitian sebelumnya menemukan bahwa 84 persen orang beralih ke diet vegetarian atau vegan kembali makan daging.

Awan berbentuk kapas di planet Mars. (NASA)

Untuk membantu memuaskan nafsu manusia akan daging, para peneliti menyarankan untuk menanam serangga seperti jangkrik.

Buat mereka yang ‘neophobes’ yang takut akan hal-hal baru, memutuskan tidak memakan serangga, pengganti daging itu dapat diubah menjadi tepung kriket olahan untuk menyembunyikan asal-usulnya yang menyeramkan.

"Jenis pertanian ini sangat bagus karena memberikan kalori dalam jumlah besar per unit tanah sambil menggunakan air dan pakan dalam jumlah yang relatif kecil," tambah para ilmuwan.

Buat mereka yang menginginkan aneka makanan dan camilan, dapat mengimpornya dari Bumi.

Hal ini untuk memenuhi hak manusia untuk bertahan hidup, beberapa kebutuhan harian minimum untuk kalori dan nutrisi akan diperlukan agar tetap bertahan baik di Bulan atau planet apa pun.

Akankah serangga benar jadi makanan manusia di planet Mars nanti? Ataukan peneliti bisa menemukan bahan yang lain? (Suara.com/ Dythia Novianty).

BACA SELANJUTNYA

7 Makanan Jepang di Anime Suzume no Tojimari