Rabu, 24 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 07 Oktober 2019 | 08:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Tak selamanya ungkapan kata gemuk menjadi sebuah kata yang merujuk pada body shaming. Kata gemuk yang ditujukan pada beruang ini justru menjadi sebuah kontes hewan unik yang dilakukan oleh salah satu taman nasional.

Taman Nasional dan Cagar Alam Katmai (Katmai National Park and Preserve) yang berada di Alaska selatan, Amerika Serikat berhasil membuat netizen heboh dan mendukung jagoan masing-masing dalam sebuah kompetisi unik.

Setiap tahun, Katmai National Park and Preserve menyelenggarakan Fat Bear Week Tournament.

Itu adalah sebuah turnamen yang mempertandingkan deretan beruang tergemuk untuk dipilih mana yang merupakan favorit dari netizen.

Tahun 2018 lalu, beruang bernama Beadnose memenangkan medali kehormatan sebagai "beruang paling gemuk".

Beadnose, juara 1 Fat Bear Contest Tournament tahun 2018. (Twitter/ KatmaiNPS)

Sayangnya, saat ini Beadnose tidak terlihat di taman nasional tersebut sehingga ia tidak akan ikut serta dalam kompetisi.

Turnamen ini menggunakan sistem knockout, dengan dua beruang head-to-head pada setiap putaran.

Kita bisa memberi suara dengan memberikan Like melalui akun media sosial Facebook Katmai National Park & Preserve.

Berdasarkan penelitian, hewan seperti beruang perlu menambah berat badan jika mereka ingin bertahan hidup di musim dingin.

Klasemen sementara beruang tergemuk. (Facebook_Katmai National Park & Preserve)

Dikutip dari IFLScience, pada musim gugur, beruang cokelat dapat makan hingga 40 kilogram setiap harinya.

Berat badan beruang akan naik dua kali lipat sebelum mereka melakukan hibernasi (periode ketidakaktifan atau tidur panjang untuk penghematan energi).

Saat melakukan hibernasi, kecepatan metabolisme beruang akan melaju lebih rendah sehingga mereka dapat melalui suhu ekstrem di musim dingin.

Untuk menarik perhatian, Katmai National Park and Preserve memanfaatkan momen tersebut dengan mengadakan kontes beruang tergemuk.

Cukup sukses ribuan netizen telah berpartisipasi melakukan voting dan membagikan unggahan di mana beruang head-to-head di dalam Fat Bear Week Tournament.

Sangat menarik, kontes beruang tergemuk juga bisa menampilkan perubahan beruang yang sangat drastis hanya dalam waktu beberapa bulan saja.

BACA SELANJUTNYA

Lihat Hewan Imut Ini Doyan Camilan, Netizen: Ya Ampun, Unyu Banget