Kamis, 02 Mei 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 15 Oktober 2019 | 19:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebuah video yang beredar viral di kalangan pecinta hewan atau aktivis peduli lingkungan membuat netizen ikut geram. Bagaimana tidak, video memperlihatkan beberapa orang pemuda tampak mencekik dan menyiksa anak macan tutul.

Seorang netizen dengan akun bernama @AleZ2016 membagikan sebuah video yang memperlihatkan seekor anak macan tutul sedang dicekik dan disudutkan di antara dua cabang pohon.

Video yang dibagikan membuat netizen heboh setelah mendapatkan lebih dari 644 Retweet dan 431 Like.

Dengan tertawa sembari mencekik anak macan tutul, seorang pemuda bahkan sempat mendekatkan kamera agar digigit oleh hewan tersebut.

Seekor anak macan tutul tampak terengah-engah sembari tetap memperlihatkan mulut menganga sebagai respon perlindungan diri.

Anak macan tutul yang disiksa membuat netizen iba sekaligus geram. (Twitter/ AleZ2016)

Banyak netizen yang mengutuk aksi sekelompok pemuda yang menyiksa macan tutul tersebut.

"Mereka tidak peduli pada hewan yang dilindungi, semoga mereka tersesat di hutan dan menemukan induk hewan itu sehingga mereka akan menyesal," tulis @MaryTruan.

"Betapa kejamnya beberapa orang manusia dewasa menyiksa seekor anak macan tutul yang tak berdaya (emoticon marah)," kata @stocklong.

Mengundang kemarahan, bahkan seorang petugas dari Gir National Park and Sanctuary membagikan sayembara kepada netizen yang mengetahui keberadaan atau nama pemuda-pemuda itu.

Orang yang menyiksa macan tutul ini akhirnya diburu polisi dan netizen. (Twitter/ DCF_GirWest)

Dengan akun bernama @DCF_GirWest, akun tersebut akan memberikan hadiah sebesar 25 ribu rupee atau Rp 5 juta bagi seseorang yang memberi informasi mengenai pelaku penyiksaan di atas.

Dikutip dari India Today, kasus penyiksaan itu terjadi pada sebuah hutan bernama Gir yang terletak di Gujarat, India.

Media lokal tersebut menyebutkan bahwa laporan telah diterima oleh kepolisian setempat dan kini mereka telah memburunya.

Menurut undang-undang lokal dan Wildlife Act (UU Satwa Liar), melecehkan atau menyiksa hewan-hewan semacam itu adalah sebuah pelanggaran.

Departemen Kehutanan India juga akan menambahkan hukuman tambahan apabila orang-orang di dalam video telah ditangkap.

Menurut IUCN, keberadaan macan tutul sudah mulai berkurang sehingga ia masuk ke dalam IUCN Red List dan termasuk kategori sebagai Rentan.

BACA SELANJUTNYA

Duh Anjing Ini Bisa-bisanya Kecanduan Alkohol, Dokter Hewan pun Sampai Turun Tangan