Rabu, 24 April 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 19 Oktober 2019 | 17:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Eksplorasi luar angkasa tidak didominasi Amerika Serikat dengan NASA saja. Ada pula China yang ikut bersiap untuk kirim pesawat penjelajah ke planet Mars.

China berencana untuk melakukan eksplorasi pertamanya di Mars dengan menggunakan pesawat penjelajah baru mereka.

Baru-baru ini, sebuah foto di dunia maya memperlihatkan penampakan dari pesawat penjelajah planet Mars pertama milik China.

"Misi ini akan berjalan dengan lancar. Penjelajah Mars akan diluncurkan pada tahun 2020 dan mendarat di Mars sebelum tahun 2021," ucap Ye Jianpei, Kepala Ilmuwan Space Science and Deep-space Exploration with the Chinese Space Technology Academy.

Dilansir Space.com, penampakan dari pesawat ruang angkasa yang dienkapsulasi di dalam aeroshell yang berbentuk seperti kepompong itu dibuat oleh China Aerospace Technology Corporation.

Disebutkan bahwa benda itu akan menjadi pengorbit, pendarat, sekaligus penjelajah planet Mars.

Misi tersebut dirancang untuk memeriksa atmosfer, lanskap, karakteristik geologis, dan magnetik planet Mars yang diharapkan dapat memberikan petunjuk tentang asal-usul dan evolusi planet Mars dan tata surya.

Mengintip Penampakan Pesawat Penjelajah Mars Pertama Milik China [twitter @cgtnofficial]

"Penjelajah Mars ini sangat inovatif. Jika terbukti sukses, itu akan menjadi pertama kalinya di dunia yang dapat menyelesaikan tiga tugas dalam satu misi," ujar Ye Jianpei.

Untuk mencapai planet Mars, pesawat ruang angkasa akan dikirim ke orbit geosynchronous melalui roket Long March 5.

Kehadiran pesawat penjelajah planet Mars China ini pasti jadi saingan bagi nasa untuk melakukan eksplorasi luar angkasa. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Giliran Perusahaan Teknologi AS Balik Diblacklist China, Amerika Malah Mengeluh