Selasa, 12 November 2019
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 29 Oktober 2019 | 10:00 WIB

Hitekno.com - Setelah ilmuwan berhasil membuat robot yang bisa melakukan gerakan aerobik, kini industri robot memasuki babak baru. Sekelompok teknisi dan ilmuwan akan merancang robot seks yang memiliki sistem AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan.

Tak hanya robot seks biasa, namun robot terbaru bernama Emma ini diharapkan dapat menjadi asisten pribadi di masa depan.

Model terbaru yang dijuluki "Top of the Range" atau model papan atas tersebut juga akan dilengkapi rongga dada robot yang dapat bernapas.

Sistem kecerdasan buatan akan melakukan sinkronisasi antara gerakan di hidung dan juga rongga dada agar robot terlihat bernapas seperti manusia seutuhnya.

Perusahaan yang akan membuat robot seks pintar di masa depan ini bernama AI AI-Tech.

Emma, robot seks yang bisa berjalan serta memiliki kemampuan untuk mengingat. (AI AI-TECH UK)

Rencananya, Emma akan melakukan debut pertama kali di Inggris namun waktunya belum ditentukan.

Cloud Climax, agen pemasaran resmi AI AI-Tech di Inggris menjelaskan bahwa mereka akan membuat robot Emma memiliki kemampuan untuk menggerakkan lengan dan kakinya.

Tujuan akhir perusahaan adalah membuat robot asisten pribadi atau robot seks yang bisa berjalan.

Sam White, manajer dari Cloud Climax mengatakan bahwa jika produk mereka sudah siap, maka perusahaan akan segera memasarkannya pertama kali di Inggris dan beberapa negara Eropa.

"Akhirnya Emma akan bisa menggerakkan lengannya dan memiliki rongga dada yang bisa bernapas. Lebih jauh lagi dia akan dirancang untuk dapat menggunakan kakinya untuk berjalan," kata Sam White kepada Daily Star.

Emma, robot seks yang dilengkapi dengan AI atau kecerdasan buatan. (AI AI-TECH UK)

Emma yang dirancang sebagai robot AI masa depan akan dibanderol dengan harga 2.799 poundsterling atau Rp 50 jutaan.

Perusahaan mengklaim bahwa nantinya Emma juga memiliki ekspresi wajah seperti manusia normal termasuk kemampuannya untuk berkedip.

Karena dilengkapi dengan kecerdasan buatan, Emma bisa berfungsi sebagai asisten pribadi yang bisa menanggapi pertanyaan serta memberikan jawaban kepada orang di sampingnya.

Dilansir dari Sputnik News, Emma akan dilengkapi dengan memori yang disertai AI sehingga ia bisa menjadi "pengingat" bagi pemiliknya.

"Kalian bisa memberitahunya untuk mengingat sesuatu, misalnya Anda bisa mengucapkan ini 'Emma ulang tahun nenekku Selasa depan, tolong ingatkan akau untuk mengirim kartu ucapan serta hadiah pada hari Senin", kata perusahaan dalam keterangannya.

Robot seks canggih yang dilengkapi dengan AI atau kecedasan buatan ini membuat industri robot di masa depan akan terlihat canggih dan mungkin "menakutkan" bagi sebagian orang.