Selasa, 12 November 2019
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Kamis, 31 Oktober 2019 | 08:00 WIB

Hitekno.com - NASA baru-baru ini membagikan potret Matahari tersenyum. Bukannya menakjubkan, foto ini malah serem banget.

Seolah tepat dengan perayaan halloween yang jatuh tanggal 31 Oktober, potret Matahari tersenyum ini membuatnya terlihat mirip dengan sebuah labu yang menjadi ikon perayaan halloween.

Potret Matahari tersenyum ini rupanya berasal dari tahun 2014 lalu dan baru saja dibagikan ke media sosial resmi NASA pada Selasa (29/10/2019) lalu.

Jika diperhatikan dengan baik, potret Matahari tersenyum ini nampak seperti wajah labu halloween. Benar saja, aura mistis langsung kamu rasakan saat memandang potret ini.

Melalui cuitan di akun resmi NASA, badan antariksa Amerika Serikat ini menyebut bahwa Matahari tersenyum tersebut sama dengan wajah jack-o-lantern atau wajah labu halloween.

Foto Matahari tersenyum ini diambil dengan menggunakan sinar ultraviolet pada satelit Solar Dynamic Observatory.

Matahari tersenyum. (NASA)

''Bahkan, bintang kita pun ikut merayakan halloween. Pada 2014, di daerah aktif, Matahari menciptakan wajah jack-o-lantern (wajah labu halloween), sebagaimana dilihat oleh sinar ultraviolet pada satelit Solar Dynamic Observatory'' tulis NASA dalam cuitan di akun Twitter-nya.

Secara ilmiah, NASA menjelaskan alasan Matahari tersenyum ini. Hal tersebut dikarenakan daerah aktif Matahari yang tampak lebih terang karena memancarkan lebih banyak cahaya dan energi.

Fenomena ini menandakan bahwa ada serangkaian medan magnet yang intens dan kompleks tengah melayang-layang di atmosfer matahari korona.

Potret Matahari tersenyum yang dibagikan oleh NASA ini seolah berbarengan dengan perayaan halloween yang akan segera dirayakan pada 31 Oktober mendatang.