Selasa, 12 November 2019
Agung Pratnyawan : Kamis, 31 Oktober 2019 | 14:00 WIB

Hitekno.com - Dalam rang menyambut Halloween, badan atariksa Amerika Serikat (NASA) memamerkan foto menyeramkan. Yang dipamerkan NASA kali ini adalah foto Matahari yang menyeramkan.

Dalam foto Matahari yang dipamerkan NASA ini, menampilkan bentuk menyeramkan mirip dengan labu Jack O'Lantern.

NASA menyebarkan foto Matahari yang mirip labu Halloween itu di Twitter pada Selasa (29/10/2010) kemarin, demikian diwartakan NBC News.

"Bahkan, bintang kita pun ikut merayakan Halloween. Pada 2014, di daerah aktif, Matahari menciptakan wajah Jack O'Lantern (wajah labu Halloween), sebagaimana dilihat oleh sinar ultraviolet pada satelit Solar Dynamic Observatory," cuit NASA dalam keterangan fotonya.

Foto itu, terang NASA, sebenarnya diperoleh pada 8 Oktober 2014 lalu dan merupakan hasil jepretan Solar Dynamics Observatory, sebuah satelit pemantau Matahari yang mulai beroperasi sejak 2010 silam.

Lebih lanjut NASA mengatakan bahwa gambar tersebut sebenarnya perpaduan dari dua buah foto yang diambil pada panjang cahaya berbeda.

Daerah aktif Matahari pada foto tersebut tampak lebih terang karena itu memancarkan lebih banyak cahaya dan energi.

Foto Matahari yang mirip labu Halloween dari badan antariksa AS. [Twitter/NASA]

"Mereka adalah penanda dari serangkaian medan magnet yang intens dan kompleks yang melayang-layang di atmosfer matahari korona," pungkas NASA.

Tak lama setelah NASA membagikan foto Matahari berwajah labu Halloween ini, netizen langsung membagikannya lebih dari 3.000 kali dan mendapatkan tanda jempol dari 11.000 pengguna Twitter.

Itulah foto Matahari yang menyeramkan dari NASA dalam rangka menyambuh Halloween. (Suara.com/ Tivan Rahmat).