Kamis, 28 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 06 November 2019 | 08:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Salah satu ikan hiu dengan kemampuan berenang tercepat dipegang oleh hiu mako sirip pendek (Isurus oxyrinchus). Ilmuwan menyusun kembali rangka hiu mako sehingga kita bisa mengetahui betapa seramnya susunan tulang hewan tersebut.

Sepasang ilmuwan yang bernama Sebastien Enault dan Camille Auclair dari Kraniata Osteology berhasil menyusun kembali hingga rincian paling spesifik dari kerangka hiu mako.

Tak hanya hiu mako, mereka juga mempunyai spesialisasi dalam menggambarkan kerangka hewan-hewan unik lainnya.

Karya dari Enault dan Camille Auclair bisa diakses di situs resmi Kraniata di sini atau melalui akun Instagram @kraniata.osteo.

Mereka sangat ahli dalam menghasilkan kerangka hewan yang disatukan kembali dengan sempurna.

Kerangka hiu mako dari jarak dekat. (Kraniata)

Ilmuwan itu membersihkan bekas tulang, mengawetkannya hingga membuat rincian gips yang begitu detail.

"Sebagai ilmuwan terlatih dengan kepedulian terhadap presisi dan mata yang tajam untuk estetika, kami berfokus pada akurasi anatomi dan mempertimbangkan perilaku hewan serta gerakan untuk menghasilkan tampilan anatomi vertebrata yang memukau secara visual," kata mereka di situs resmi Kraniata Osteology.

Salah satu kerangka hewan yang berhasil disusun kembali adalah kerangka hiu mako.

Kerangka hiu mako. (Kraniata)

Hewan itu dikenal sebagai penguasa laut dalam karena kecepatannya mampu mencapai 18,8 meter per detik atau 68 kilometer per jam.

Meski sebagai penguasa rantai makanan, hewan tersebut masuk dalam kategori Terancam Punah oleh IUCN karena keberadaannya semakin sedikit.

Dikutip dari IFLScience, hiu mako sirip pendek biasanya berburu cumi dan ikan seperti tuna, todak, dan bonito.

Namun berkat kecepatan dan taringnya yang sangat tajam, tak jarang hiu mako memakan hewan yang lebih besar seperti hiu lain, lumba-lumba, dan penyu laut.

Hiu mako semakin langka karena sering diburu untuk dijadikan "sup sirip hiu", menu terkenal di wilayah Asia.

Hewan tersebut tersusun sebagian besar oleh tulang rawan sehingga mendukung fleksibilitasnya dalam memburu mangsa dengan kecepatan tinggi.

Penyusunan kerangka hiu mako ini sangat berguna mengingat kita bisa mengetahui lebih dalam "susunan tulang" salah satu hiu tercepat di dunia.

BACA SELANJUTNYA

5 Fakta Menarik Buaya, Bisa Makan Tanpa Mengunyah Padahal Giginya Kuat